Kompetensi Supervisi Akademik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengawas satuan pendidikan. Kompetensi & pengembangan kemampuan guru sebagai peningkatan mutu pembelajaran & bimbingan yang berada di sekolah/satuan pendidikan.
Secara spesifik pengawas yang terdapat dalam satuan pendidikan harus mempunyai kemampuan dalam membantu setiap guru untuk mengembangkan strategi dalam pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi merupkana suatu usaha dalam memperoleh kesuksesan & juga keberhasilan demi mencapai suatu tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi bisa diartikan sebagai suatu a paln, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J.R.David, 1976).
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi dari sebuah rangkaian kegiatan yang didesain dalam suatu tindakan (rangkaian kegiatan) yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Strategi pembelajaran merupakan berupa rencana tindakan atau rangkaian kegiatan yang dalam penggunaan metode & pemanfaatan akan keseluruhan sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.
Pada mulanya, istilah strategi banyak yang digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai sebuah cara penggunaan akan seluruh kekuatan militer dalam memenangkan suatu peperangan. Sekarang, istilah demikian sering digunakan dalam berbagai bidaang kegiatan yang ditujukan untuk mendapatkan kesuksesan atau keberhasilan untuk mencapai tujuan.
Contohnya seseorang manajer atau pimpinan perusahaan yang menginginkan adanya suatu keuntungan & juga berupa kesuksesan yang begitu besar akan menerapkan adanya strategi dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Seorang pelatih akan tim baske akan menentukan strategi yang dinilai tepat demi memperoleh kemenangan dalam pertandingan. Seperti halnya seorang guru yang mengharapkan hasil yang baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan adanya strategi hasil belajar siswanya untuk mendapatkan prestasi yang terbaik.
[Pengertian] Strategi Pembelajaran
Kata strategi diistilahkan berasal dari bahasa latin yang dalam etimologi bersifat strategia. Arti strategia adalah sebagai seni penggunaan rencana dalam mencapai suatu tujuan.
[Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli
1. [Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Kemp
Menurut Kemp bahwa [Pengertian] strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru & siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif & efisien.
2. [Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Dick & Carey (1985)
Menurut Dick & Carey (1985) bahwa [Pengertian] strategi pembelajaran adalah suatu set materi & prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.
3. [Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Reigeluth, Bunderson & Meril (1977)
Menurut Reigeluth, Bunderson & Meril (1977) bahwa menyatakan strategi mengorganisasikan isi pelajaran disebut seagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan & mensistesi fakta, konsep, prosedur & prinsip yang berkaitan.
4. [Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Frelberg & Driscoll
Menurut Frelberg & Driscoll (1992) bahwa definisi strategi pembelajaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.
5. [Pengertian] Strategi Pembelajaran Menurut Gerlach & Ely (1980)
Menurut Gerlach & Ely bahwa [Pengertian] strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri atas sifat, lingkup, & urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
Strategi Penyampaian Pembelajaran
Strategi penyampaian isi pembelajaran merupakan komponen variabel metode untuk melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi strategi penyampain pembelajaran adalah
- Menyampaikan isi pembelajaran kepada pembelajar
- Menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan belajar kuntuk menampilkan unjuk kerja.
Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan suatu dari rencana, metode & perangkat kegiatan yang direncakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menurut artikel Saskatchewan educational (Majid, 2013 - 10-12) terdapat Jenis2 klasifikasi strategi pembelajaran misalnya gambar dibawah.
a. Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Merupakan strategi pembelajaran yang kadar berpusat pada guru paling tinggi, & paling sering digunakan. Pada strategi demikian termasuk dalam metode ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit & latihan, serta demonstrasi.
b. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)
Merupakan strategi pembelajaran yang memperlihatkan adanya bentuk dari keterlibatan siswa yang paling tinggi karena fungsi guru disini hanyalah sebagai penyeldiikan, penggambaran inferensi data, & pembentukan hipotesis.
c. Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)
Strategi pembelajaran demikian atau strategi pembelajaran interaktif adalah merujuk pada bentuk diskusi & saling berbagai di antara siswa.
d. Strategi Pembelajaran melalui Pengalaman
Strategi belajar melalui pengalaman menggunakan bentuk berupa sekuens induktif, yang berpusat pada siswa, & juga berorientasi pada suatu aktivitas.
e. Strategi Pembelajaran Mandiri
Belajar mandiri merupakan suatu strategi pembelajaran yang memiliki tujuan untuk membangun adanya inisiatif individu, kemandirian & juga peningkatan diri.
Beberapa Istilah dalam Strategi Pembelajaran
Beberapa istilah yang hampir sama dengan berupa strategi yaitu metode, pendekatan, teknik atau faktik dalam pembelajaran.
1. Metode
Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan yang nyata agar dari tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah suatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan dalam melaksanakan strategi. Dengan demikian, suatu strategi dapat dilaksanakan dengan sejumlah dengan berbagai metode.
2. Pendekatan (Approach)
Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Strategi & metode pembelajaran yang digunakan yang bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu.
3. Teknik
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Seperti, cara yang harus dilakukan agar metode ceramah berjalan efektif & efisien. Oleh karena itu, sebelum seseorang melakukan proses ceramah sebaiknya untuk memperhatikan kondisi & situasi. Contohnya, berceramah pada siang hari setelah mkan siang dengan jumlah siswa yang banya akan tentu memiliki perbedaan jika si penceramah tersebut melakukan pada pagi hari dengan jumlah siswa yang terbatas.
4. Taktik
Taktik adalah seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. Taktinya sifatnya lebih kepada individual, walaupun dua orang sama-sama dengan menggunakan metode ceramah dalam beberapa situasi & kondisi yang sama, sudah pati mereka akan melakukannya secara berbeda, seperti dalam taktik menggunakan ilustrasi atau menggunakan gaya bahasa agar materi yang disampaikan mudah dipahami.
Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Strategi Pembelajaran, Fungsi, Istilah & Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh umat & bangsa. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Strategi Pembelajaran, Fungsi, Istilah & Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh umat & bangsa. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.