Apa itu Analisis SWOT - Secara etimologi, [Pengertian] SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strenghths & Weaknesses serta lingkungan Eksternal Opportunities dan Threats yang dihadapi dunia bisnis.
Analisis SWOT biasanya banyak di jelaskan dalam forum-forum perkaderan atau kajian-kajian yang diselenggarakan mahasiswa atau pemuda saat ini.
Tujuannya beragam, ada yang ingin membentuk pola piker setiap mahasiswa, pelajar & pemuda untuk sukses dalam membangun masa depannya. Sehingga tidak habis pikir jika pembelajaran analisis SWOT menjadi analisis yang sering digunakan.
Namun, tidak sedikit analisis SWOT terdapat beberapa kesulitan dalam mempelajarinya, jika tidak dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya, atau strategi yang lainnya misalnya dengan teori-teori komunikasi & psikologi.
Hal demikian, menurut pemikiran subjektif penulis bahwa analisis SWOT adalah sebuah analisis yang hanya bias dieksekusi atau dilaksanakan jika terdapat pengetahuan atau tindakan untuk mencapai tujuan yang berada pada posisi tengah dalam menjalankan tujuan itu, sehingga awal dari hal tersebut yang diperlukan adalah pendekatan.
Pendekatan-pendekatan itu, membutuhkan analisis tersendiri yang biasanya disebut analisis pola perilaku individu, organisasi atau kelompok yang didalamnya terdapat kajian-kajian berupa cara pengambil langkah, cara berkomunikasi, cara mengambil keputusan & cara dalam mengatasi konflik.
Jika hal ini telah digunakan, maka hasil dari pengamatan-pengamatan akan lingkungan eksternal tersebut, mampu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjadi sebuah bahan dalam analisis SWOT. Sehingga dalam menjalankan analisis SWOT dapat sesuai & dapat bermanfaat dalam langkah kita untuk mencapai tujuan.
Analisis SWOT biasanya banyak di jelaskan dalam forum-forum perkaderan atau kajian-kajian yang diselenggarakan mahasiswa atau pemuda saat ini.
Tujuannya beragam, ada yang ingin membentuk pola piker setiap mahasiswa, pelajar & pemuda untuk sukses dalam membangun masa depannya. Sehingga tidak habis pikir jika pembelajaran analisis SWOT menjadi analisis yang sering digunakan.
Namun, tidak sedikit analisis SWOT terdapat beberapa kesulitan dalam mempelajarinya, jika tidak dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya, atau strategi yang lainnya misalnya dengan teori-teori komunikasi & psikologi.
Hal demikian, menurut pemikiran subjektif penulis bahwa analisis SWOT adalah sebuah analisis yang hanya bias dieksekusi atau dilaksanakan jika terdapat pengetahuan atau tindakan untuk mencapai tujuan yang berada pada posisi tengah dalam menjalankan tujuan itu, sehingga awal dari hal tersebut yang diperlukan adalah pendekatan.
Pendekatan-pendekatan itu, membutuhkan analisis tersendiri yang biasanya disebut analisis pola perilaku individu, organisasi atau kelompok yang didalamnya terdapat kajian-kajian berupa cara pengambil langkah, cara berkomunikasi, cara mengambil keputusan & cara dalam mengatasi konflik.
Jika hal ini telah digunakan, maka hasil dari pengamatan-pengamatan akan lingkungan eksternal tersebut, mampu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjadi sebuah bahan dalam analisis SWOT. Sehingga dalam menjalankan analisis SWOT dapat sesuai & dapat bermanfaat dalam langkah kita untuk mencapai tujuan.
[Pengertian] Analisis SWOT - Apa Yang Dimaksud Analisis SWOT?
Sedangkan [Pengertian] Analisis SWOT secara terminologi adalah analisis akan kondisi internal maupun juga kondisi eksternal suatu organisasi/kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk merancang suatu strategi & program kerja.
Analisis internal terdiri atas suatu peniaian akan faktor kekuatan (Strength) & kelemahan (Weakness). Sedangkan, analisis eksternal terdiri atas faktor peluang (Opportunity) & tantangan (ThreathS).
Kerangka dalam suatu analisis SWOT merupakan sebuah matrix dua kali dua sebaiknya dikerjakan dalam suatu kelompok yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi.
Terdapat hal-hal yang penting dalam menjalankan Analisis SWOT diantaranya - Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan kunci, & terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan.
Terdapat hal-hal yang penting dalam menjalankan Analisis SWOT diantaranya - Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan kunci, & terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan.
Jika hal demikian, maksudnya pertanyaan-pertanyaan telah dijelaskan & disepakati. Maka pergerakan yang selanjutnya akan dilaksanakan adalah dengan mengambil ancang-ancang untuk brainstorming gagasan untuk tujuan & fungsi memperjelas suatu diskursus.
Keputusan akan strategis perusahaan memerlukan suatu pertimbangan akan faktor internal yang mencakup dalam suatu kekuatan & juga akan kelemahan maupun faktor eksternal hingga mencakup peluang & ancaman. Olehnya itu diperlukan adanya pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT.
Dalam mengidentifikasi berbagai masalah yang timbul dalam perusahaan, maka sangat diperlukan penelitian yang sangat cermat sehingga mampu menemukan strategi yang sangat cepat & tepat dalam mengatasi masalah yang timbul dalam perusahaan. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan antara lain:
1. Kekuatan (Strenght)
Kekuatan adalah unsur-unsur dalam analisis SWOT yang dapat diunggulkan oleh perusahaan/organisasi atau individu tersebut seperti halnya keunggulan dalam produk, kinerja, kelebihan baik dalam organisasi atau individu yang dapat diandalkan, memiliki keterampilan & berbeda dengan produk lain. sehingga dapat membuat lebih kuat dari para pesaingnya.
Kekuatan yang dimaksud dalam Analisis SWOt dapat diperjelas dengan memiliki sumber daya, keterampilan, atau keunggulan-keunggulan lain relative yang mampu untuk ditunjukkan dalam berpatrungan akan individu akan organisasi atau dalam perusahaan untuk menjangkau suatu tujuan yang ingin diraih.
2. Kelemahan (Weakness)
Sedangkan arti Kelemahan dalam analisis SWOT adalah suatu hal dalam sumber daya yang menjadi penghalang bagi tercapainya tujuan, kepentingan baik dalam organisasi, perusahaan atau individu untuk mencapai sesuatu.
Terdapat beberapa unsur yang menjadi landasan adanya kelemahan atau kekurangan dalam analisis SWOT misalnya akan fasilitas, sumber daya keuangan, kapabilitas manajemen, keterampilan pemasaran, & citra merek dapat merupakan sumber kelemahan.
Terdapat beberapa unsur yang menjadi landasan adanya kelemahan atau kekurangan dalam analisis SWOT misalnya akan fasilitas, sumber daya keuangan, kapabilitas manajemen, keterampilan pemasaran, & citra merek dapat merupakan sumber kelemahan.
3. Peluang (Opportunity)
Selain itu, [Pengertian] peluang dalam analisis SWOT adalah situasi yang menguntungkan bagi suatu perusahaan, serta terdapat kecenderungan-kecenderungan sebagai salah satu sumber dari peluang.
4. Ancaman (Treats)
Sedangkan [Pengertian] Ancaman dalam analisis SWOT adalah suatu faktor-faktor yang terdapat dalam lingkungan yang berdampak pada ketidak menguntungkan dalam perusahaan jika tidak diatasi maka akan menjadi hambatan bagi perusahaan, organisasi atau indvidu yang bersangkutan baik masa sekarang maupun yang akan datang.
Informasi eksternal mengeni peluang & ancaman dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, kalangan perbankan, rekan diperusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan jasa lembaga pemindaian untuk memperoleh keliping surat kabar, riset di internet, & analisis tren-tren domestik & global yang relevan.
[Pengertian] Analisis SWOT Menurut Para Ahli
1. [Pengertian] Analisis SWOT Menurut Fredy Rangkuti
Menurut salah satu pakar SWOT, Fredy Rangkuti, analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal, yaitu kekuatan & kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang & ancaman.
2. [Pengertian] Analisis SWOT Menurut Kotler
Menurut Kotler (2009 - 51) Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threaths) merupakan cara untuk mengamati lingkungan pemasaran eksternal & internal.
3. [Pengertian] Analisis SWOT Menurut Gitosudarmo
Menurut Gitosudarmo (2001 - 115) Kata SWOT merupakan pendekatan dari Strenghts, Weakness, Opportunity, and Threats, yang dapat diterjemahkan menjadi :Kekuatan, Kelemahan, Peluang & Ancaman
Unsur – Unsur SWOT
Kekuatan (Strenght) ,Kelemahan (weakness),Peluang (Opportunity),Ancaman (Threats). Faktor eksternal & internal menurut (irham fahmi, 2013:260) untuk menganalisis secara lebih dalam tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal & internal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT, yaitu:
1. Faktor Eksternal
Faktor eksternal ini mempengaruhi terbentuknya opportunities and threats (O & T). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi-kondisi yang terjadi di luar perusahaan yang mempengaruhi dalam pembuatan keputusan perusahaan.
Faktor ini mencakup lingkungan industri & lingkungan bisnis makro, ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan, & sosial budaya.
2. Faktor Internal
Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S & W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan, yang mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making) perusahaan.
Faktor internal ini meliputi semua macam manajemen fungsional - pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia, penelitian & pengembangan, sistem informasi manajemen & budaya perusahaan (corporate culture).
Matrik SWOT
Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matrik SWOT. Matrik ini dapat mengambarkan secara jelas bagaimana peluang & ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan & kelemahan yang dimilikinya. Matrik ini dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategis.
1.Strategi SO (Strength-Opportunities)
Strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan/organisasi, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut & memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya.
2. Strategi ST (Strenghts-Threats)
Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan atau organisasi untuk mengatasi ancaman.
3. Strategi WO (Weknesses- Opportunities)
Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.
4. Strategi WT (Weknesses- Threats)
Strategi ini berdasarkan pada kegiatan yang bersifat defensive & berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.
Tujuan Analisis SWOT
Penerapan SWOT pada perusahaan bertujuan untuk memberikan suatu panduan agar perusahaan menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik dari segi kekuatan & kelemahan serta peluang & ancaman.
Tujuan lain diperlakukannya analisis SWOT adalah dimana setiap produk yang ditawarkan pasti akan mengalami pasang surut atau yang lebih dikenal dengan istilah daur hidup produk (life cycle product).
Manfaat Analisis SWOT
Manfaat atau kegunaan analisis SWOT adalah:
- Mampu memberikan gambaran suatu organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu strengths, weaknesses, opportunities, & threats. Sehingga pengambil keputusan dapat melihat dari empat dimensi ini secara lebih komprehensif.
- Dapat dijadikan sebagai rujukan pembuatan rencana keputusan jangka panjang.
- Mampu memberikan pemahaman kepada para stakeholders‟ yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang salling menguntungkan.
Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam mengatur perjalanan kehidupan ini, agar mampu mencapai sebuah tujuan & dapat menangkal segala apapun yang dapat menjauhkan dari tujuan yang ingin dicapai. Sehingga Analisis SWOT merupakan salah satu dari sekian banyak strategi yang dapat digunakan untuk mengarungi dunia dengan baik. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.