[Pengertian] & Anatomi Paru-Paru

Paru-paru adalah organ yang sangat vital bagi hewan darat termasuk manusia. Organ ini terlibat langsung dalam tiga sistem organ sekaligus, yaitu sistem pernapasan pada manusia, sistem peredaran darah pada manusia, & sistem ekskresi pada manusia. Fungsi paru-paru adalah untuk melakukan pernapasan atau pertukaran oksigen & karbon dioksida dengan darah. Selanjutnya Merupakan [Pengertian] & anatomi paru-paru. Langsung saja kita simak selengkapnya….

Bagian dari - Paru-Paru
1. [Pengertian] Paru-Paru

Paru-paru adalah sepasang organ pernapasan yang terletak di dada yang membawa oksigen ke darah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paru (paru-paru) adalah organ tubuh yang berupa sepasang kantong berbentuk bulat toraks yang terdapat dalam rongga dada & berfungsi sebagai alat pernapasan (untuk membersihkan darah dengan oksigen yang dihisap dari udara pada manusia & sebagian binatang).

2. Anatomi Paru-Paru

Sebelum menyimak anatomi paru-paru, pahami dulu gambar bagian-bagian paru-paru berikut. Penjelasan gambar berada di bawah.

paru adalah organ yang sangat vital bagi hewan darat termasuk manusia [Pengertian] & Anatomi Paru-ParuAnatomi Paru-Paru

Paru-paru memiliki massa sekitar 1.180 gram. Terdapat sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri & paru-paru kanan. Paru-paru kanan (massa 620 gram) lebih besar daripada paru-paru kiri (massa 560 gram). Itu karena bagian bawah paru-paru kiri sedikit melengkung mengikuti bentuk jantung. Paru-paru dibungkus oleh sebuah selaput yang disebut pleura.

Bagian terpenting dari paru-paru adalah alveolus (tunggal - alveoli). Fungsi alveolus adalah sebagai tempat terjadinya pertukaran udara dengan darah. Disinilah udara yang masuk ke paru-paru bermuara & udara yang keluar dari paru-paru berasal. Terdapat sekitar 700 juta alveolus yang masing-masing berdiameter sekitar 0,2 sampai 0,3 milimeter. Alveolus dikelilingi oleh pembuluh darah. Pembuluh darah yang masuk ke alveolus disebut arteri pulmonalis & pembuluh darah yang keluar dari alveolus disebut vena pulmonalis.

Bagian penting lainnya adalah brokus & bronkiolus. Bronkus membagi trakea menjadi dua. Satu ke paru-paru kanan & satunya ke paru-paru kiri. Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus & bermuara ke alveolus. Bronkus & bronkiolus adalah semacam “pipa” yang berfungsi sebagai jalur keluar masuk udara.

Dengan demikian, struktur paru-paru mirip seperti pohon terbalik dengan dua cabang utama. Batang ibarat trakea, dua cabang utama ibarat bronkus, cabang-cabang kecil lainnya ibarat bronkiolus, tangkai daun ibarat duktus alveolus, sedangkan daun ibarat alveolus.


Sumber:

  1. Paru-paru ( /search?q=sistem-pernapasan-pada-manusia-artikel)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke atau langsung saja lewat kolom komentar :)

LihatTutupKomentar