Pengertian & Efek Letak Astronomi Indonesia

Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia|Dalam Astronomi niscaya akan di bahas dengan pengertian garis lintang, Pengertian letak Astronomi,Pengertian garis bujur, Garis Khatulistiwa Indonesia dan Lintang Selatan (LS) dan Lintang Utara (LU) dan Bujur Timur (BT) dan Bujur Barat (BB), semua itu merupakan satu rangkaian dengan Letak Astronomi Indonesia, Letak Astronomi indonesia juga mempunyai dampak bagi indonesia, karna setiap negara-negara di benua asia, afrika, eropa, amerika, dan australia mempunyai Letak Astronomi yang berbeda-beda yang mempunyai dampak yang berbeda pula, Begitupun indonesia Letak Astronomi indonesia mempunyai pengaruh, Oleh Karna itu Pada kali ini akan dibahas wacana Pengaruh letak Astronomi Indonesia dan beragai rangkaian yang menyangkut wacana Astronomi, Berikut Pembahasannya ibarat dibawah ini,,,

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Garis lintang merupakan garis-garis yang sejajar dengan khatulistiwa yang melintang mengelilingi bumi bumi hingga pada tempat pada kutup. Adapun garis bujur merupakan garis tegak yang sejajar menghubungkan wilayah kutup utara dan selatan. Garis-garis tersebut merupakan garis khayal yang dipergunakan sebagai fatwa untuk mengatakan posisi tempat di muka bumi.

 niscaya akan di bahas dengan pengertian garis lintang Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Letak astronomi yakni letak suatu tempat menurut garis lintang dan garis bujurnya. Mengenai tempat atau posisi astronomisnya, indonesia berada diantara 6 °LU-11°LS dan diantara 95°BT-141°BT. Wilayah Indonesia paling utara yakni Pulau weh di nanggroe Aceh Darussalam yang berada di 6° LU. Wilayah Indonesia paling selatan yakni Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur yang ada di 11°LS. dibagian Wilayah Indonesia yang berada pada potongan paling barat yakni di ujung utara Pulau Sumatra yang ada di 95°BT. Ada juga wilayah Indonesia timur atau dibagian paling timur di Kota Merauke yang berada pada 141°BT.

1. Garis Lintang 
 niscaya akan di bahas dengan pengertian garis lintang Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi IndonesiaGaris lintang merupakan garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan khatulistiwa. Pada Garis khatulistiwa yang membelah bumi sehingga menjadi dua belahan utara dan belahan selatan. Pada Garis khatulistiwa atau garis equator atau garis lini adalah garis lintang 0°. Garis lintang digunakan untuk membagi wilayah iklim di bumi yang disebut iklim matahari.

Berdasarkan letak lintangnya, wilayah Indonesia berada di antara 6° LU — 110 LS. Hal ini mengakibatkan Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri:
Ciri-Ciri Iklim Tropis di Indonesia :
a. mempunyai curab hujan yang tinggi,
b. mempunyai hujan hutan tropis yang luas dan mempunyai nilai hemat yang tinggi,
c. mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun,
d. banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi.
2. Garis Bujur 
Garis bujur yakni garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan selatan bumi. Bumi dibagi menjadi 180° garis bujur timur (BT) dan 180° garis bujur barat (BB). Perhitungan garis bujur 00 dimulai dan Kota Greenwich erat Kota London. Garis bujur dipergunakan untuk memilih waktu suatu daerah. Letak astronomi indonesia berada di antara  95°BT-141°BT. mengakibatkan indonesia mempunyai tiga tempat waktu, yaitu :
a. Daerah waktu indonesia potongan barat ( WIB), meliputih seluruhu sumatra, jawa, madura, kalimantan barat, kalimantan tengah, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Waktu indonesia barat mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT ( Greenwich Mean Time )

b. Daerah Waktu Indonesia potongan Tengah (WITA), meliputi Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur , Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia Tengah mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal dan GMT.

c. Daerah Waktu Indonesia potongan Timur (WIT), mencakup Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia potongan timur mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal dan GMT.
Sekian Artikel Tentang Pengertian & Pengaruh Letak Astronomi Indonesia, Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian letak astronomi dan dampak letak astronomis Indonesai. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengaruh Letak Astronomi Indonesi
  • Sudarmi, Sri dan Waluyo, 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan. Hal: 5-6. 
LihatTutupKomentar