[Pengertian] Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

[Pengertian] Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia - Kehidupan negara pada prinsipnya sama dengan kehidupan keluarga. Kedaulatan rakyat memberi gambaran, bahwa rakyatlah pemegang kekuasaan tertinggi dalam setiap kehidupannya dalam bermasyarakat & bernegara. Penyelenggaraan pemerintahan negara berdasarkan kedaulatan rakyat tersebut akan terlihat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia. Dalam Sistem Pemerintahan Indonesia akan tergambarkan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.


Makna Kedaulatan Rakyat

Sebelum membahas tentang kedaulatan rakyat, perlu dijelaskan terlebih dahulu siapakah rakyat itu?
Rakyat adalah orang yang tunduk pada suatu pemerintah negara. Dalam negara ada yang memerintah & ada yang diperintah, yang memerintah negara disebut pemerintah & yang diperintah oleh negara disebut rakyat. Oleh karena itu, keberadaan suatu negara sangat ditentukan oleh dukungan rakyat.
Istilah rakyat berbeda dengan istilah warga negara, penduduk, bangsa, & masyarakat. Warga negara ialah
orang yang memiliki hak & kewajiban terhadap suatu negara. 
Adapun [Pengertian] penduduk ialah orang yang bertempat tinggal pada wilayah suatu negara.
Penduduk dibedakan antara warga negara & warga negara asing. 
[Pengertian] bangsa ialah sekelompok orang yang memiliki perasaan senasib akan keberadaan suatu negara. Sedangkan [Pengertian] masyarakat ialah sekelompok orang yang tinggal bersama di suatu daerah tertentu & terikat pada nilai-nilai tertentu yang diterima secara bersama.

[Pengertian] kedaulatan rakyat berhubungan erat dengan [Pengertian] perjanjian masyarakat dalam pembentukan asal mula negara. Negara terbentuk karena adanya perjanjian masyarakat. Perjanjian masyarakat disebut juga dengan istilah kontrak sosial. Ada beberapa ahli yang telah mempelajari kontrak sosial, antara lain Thomas Hobbes, John Locke, & Jean Jaques Rousseau.

Kedaulatan rakyat mengandung arti, bahwa yang terbaik dalam masyarakat ialah yang dianggap baik oleh
semua orang yang merupakan rakyat. [Pengertian] kedaulatan itu sendiri adalah kekuasaan yang tertinggi
untuk membuat undang-undang & melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia.

Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensi, bahwa rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat & bernegara.

Kedaulatan rakyat berarti juga, pemerintahan darirakyat, oleh rakyat, & untuk rakyat. Pemerintahan dari rakyat berarti mereka yang duduk sebagai penyelenggara pemerintahan terdiri atas rakyat itu sendiri & memperoleh dukungan rakyat.

Pemerintahan oleh rakyat mengandung [Pengertian] bahwa pemerintahan yang ada diselenggarakan & dilakukan oleh rakyat sendiri baik melalui demokrasi langsung maupun demokrasi perwakilan.

Pelaksanaan prinsip kedaulatan rakyat dapat dilakukan melalui demokrasi langsung maupun demokrasi perwakilan. Demokrasi langsung bercirikan rakyat mengambil bagian secara pribadi dalam tindakan-tindakan & pemberian suara untuk membahas & mengesahkan undang-undang.

Sedangkan demokrasi perwakilan, rakyat memilih warga lainnya sebagai wakil yang duduk di lembaga perwakilan rakyat untuk membahas & mengesahkan undang-undang.


LihatTutupKomentar