[Pengertian] Syaja'ah & Pentingnya Syaja'ah dalam Islam

Syajaah adalah benar atau gagah. Secara istilah syajaah adalah keteguhan hati kekuatan pendirian untuk membela & mempertahankan kebenaran secara bijaksana & terpuji. Jadi syaja’ah adalah keberanian yang berlandaskan kebenaran & di lakukan dengan penuh pertimbangan.

Pentingnya syaja'ah dalam Kehidupan Islam
Allah Swt. memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar tidak menjadi penakut & pengecut. Karena rasa takut & pengecut akan membawa kegagalan & kekalahan. Keberanian adalah tuntutan keimanan. Iman pada Allah Swt. mengajarkan kita menjadi orang-orang yang berani menghadapiberagam tantangan dalam hidup ini. Tantangan utama yang kita hadapi adalah memperjuangkan kebenaran, meskipun harus menghadapi berbagai rintangan. Rasulullah saw. menjelaskan dalam sabdanya:

 Secara istilah syajaah adalah keteguhan hati kekuatan pendirian untuk membela & mempert [Pengertian] Syaja'ah & Pentingnya Syaja'ah dalam Islam

 Islam tidak menyukai orang yang lemah/penakut. Orang yang lemah/penakut biasanya tidak berani untuk mempertahankan hidup sehingga gampang putus asa. Ketakutan itu diantaranya karena takut dikucilkan dari lingkungannya. Takut karena berlainan sikap dengan banyak orang atau takut untuk membela sebuah kebenaran & keadilan.

Keberanian dalam ajaran Islam disebut Syaja’ah. Syaja’ah menurut bahasa artinya berani. Sedangkan menurut istilah syaja’ah adalah keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela & mempertahankan kebenaran secara jantan & terpuji. Jadi syaja’ah dapat diartikan keberanian yang berlandaskan ke benaran, dilakukan dengan penuh pertimbangan & perhitungan untuk mengharapkan keridaan Allah Swt.

Keberanian (syaja’ah) merupakan jalan untuk mewujudkan sebuah ke menangan dalam keimanan. Tidak boleh ada kata gentar & takut bagi muslim saat mengemban tugas bila ingin meraih kegemilangan. Semangat keimanan akan selalu menuntun mereka untuk tidak takut & gentar sedikit pun. Allah Swt. berfirman:

 Secara istilah syajaah adalah keteguhan hati kekuatan pendirian untuk membela & mempert [Pengertian] Syaja'ah & Pentingnya Syaja'ah dalam Islam

Artinya - “Janganlah kamu bersikap lemah, & janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (Q.S. Ali Imran/3 - 139)

Demikian artikel [Pengertian] Syaja'ah & Pentingnya Syaja'ah dalam Islam semoga bisa bermanfaat.
LihatTutupKomentar