[Pengertian] Budaya Politik Gabriel A.lmond & Sidney Verba & hal-hal yang harus diperhatikan


      
        [Pengertian] Budaya Politik Menurut Gabriel A. Almond & Sidney Verba serta Hal-Hal yang harus diperhatikan Terhadap [Pengertian] Budaya Politik berikut Penjelasannya.....



                                                  (Sidney Verba)                (Gabriel A. Almond)

           Menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba budaya politik adalah sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik & aneka ragam bagiannya, serta sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu.

       

Terkait dengan [Pengertian] budaya politik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan - yaitu ialah..
• konsep budaya politik  tidak mengedepankan aspek-aspek  perilaku aktual (tindakan), melainkan lebih menekankan pada berbagai perilaku non-aktual seperti orientasi, nilai-nilai, kepercayaan-kepercayaan, & sikap. Singkatnya budaya politik
adalah dimensi psikologis & sebuah sistem politik.   

• hal-hal yang diorientasikan dalam budaya politik adalah sistem politik, artinya pembicaraan tentang budaya politik selalu terkait dengan sistem politik. Hal-hal yang diorientasikan dalam sistem politik adalah komponen-komponen struktur & fungsi dalam sistem politik. Seseorang akan memiliki orientasi yang berbeda terhadap sistem politik.

budaya politik menggambarkan komponen-komponen budaya masyarakat di suatu negara atau wilayah. Jadi, bukan budaya masing-masing individu. Diyakini bahwa budaya politik adalah refleksi perilaku warga negara secara massal yang memiliki peran penting bagi terciptanya sistem politik yang ideal.

(Sumber - SeribuPena PKn Jilid 2, Hal - 1 . Penerbit - Erlangga, Penulis - Saptono)
LihatTutupKomentar