[Pengertian] Tektonisme

[Pengertian] Tektonisme| Tektonisme atau diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen. Dalam [Pengertian] tektonisme menurut definisi para ahli atau pakar mengatakan pendapatnya tentang [Pengertian] tektonisme yang disimpulkan bahwa [Pengertian] tektonisme adalah gejala perubahan & pergeseran kerak bumi dalam skala yang luas. Yang termasuk gejala tektonisme adalah lipatan & patahan. Berdasarkan teori tektonik lempeng, kerangk bumi terbagi menjadi beberapa lempeng yang bergerak satu sama lain, tetapi gerakan tersebut sangat lambat. 

Akibat gerakan-gerakan ini, lempeng-lempeng tersebut bisa mengalami perubahan-perubahan bentuk, misalnya menjadi lipatan-lipatan (bergelombang maupun akhirnya bagian tertentu dari lempeng patah. Lipatan terjadi karena gerakan yang lambat tetapi terus menerus, sedangkan patahan terjadi karena gerakan yang cepat & tiba-tiba. 

Macam-Macam Tektonisme
Macam-Macam tektonisme atau jenis tektonisme dibedakan menjadi dua yang berdasarkan atas kecepatan gerakannya & luas wilayah yang terkena pengaruh antara lain sebagai berikut.
a. Epirogenesa
Gerak Epironegesa adalah gerak yang membentuk benua dengan kecepatan gerakannya sangat lambat yang tak kita sadari. 
b. Orogenesa
Gerak Orogenesa adalah gerak yang membentuk patahan & lipatan selang waktu terjadinya begitu cepat & luas pergerakannya (daerah ) lebih sempit dibandingkan dengan epirogenesa. 

Tektonisme atau diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen [Pengertian] Tektonisme
"Sesar Mendatar merupakan beberapa akibat dari Tektonisme"
Sekian artikel tentang [Pengertian] Tektonisme semoga bermanfaat 
LihatTutupKomentar