[Pengertian] Tenaga Eksogen & Penjelasannya

[Pengertian] Tenaga Eksogen| Tenaga Eksogen, menurut beberapa ahli tentang [Pengertian] tenaga eksogen, menyatakan bahwa [Pengertian] tenaga eksogen adalah semua kekuatan dari luar bumi yang turut berpengaruh terhadap permukaan bumi. Tenaga Eksogen memiliki dampak bagi manusia & kehidupan lainnya, dampak-dampak tenaga eksogen mengakibatkan dampak positif & dampak negatif tenaga eksogen atau menguntungkan & merugikan dari tenaga eksogen. Sumber kekuatan tersebut adalah sinar matahari, air, aingin, & gletser, yang membantu dalam proses terjadinya atau terbentuknya tenaga eksogen karna sumber-sumber kekuatan tersebut. 

Tenaga Eksogen bersifat merusak terhadap bentuk-bentuk muka bumi yang dibangun oleh tenaga endogen. Bentuk-bentuk menonjol hasil orogenesa akan dikikis oleh tenaga eksogen. demikian pula bentuk-bentuk lekuk seperti palung & basin akan ditimbun dengan sedimen.

Kekuatan yang ditimbulkan Tenaga Eksogen 
1. Pelapukan, pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan pada tempat asalnya. pelapukan dapat terjadi secara pelapukan kimia, mekanik, & organik 
2. Erosi, erosi adalah pengikisan & meindahan hasil-hasil pelapukan oleh air, angin, & gletser dari tempat asal ke tempat lain. 
3. Sedimentasi, sedimentasi atau pengendapan adalah proses penimbunan tempat-tempat yang lekuk dengan bahan-bahan hasil erosi yang terbawa oleh aliran air, angin, ataupun gletser.

 menurut beberapa ahli tentang [Pengertian] tenaga eksogen [Pengertian] Tenaga Eksogen & Penjelasannya
(Contoh Gambar - Erosi, kekuatan yang ditimbulkan tenaga eksogen)
Sekian artikel tentang [Pengertian] Tenaga Eksogen & Penjelasannya semoga bermanfaat 
LihatTutupKomentar