[Pengertian] Pancasila & Pancasila Menurut Para Ahli

[Pengertian] Pancasila & Pancasila Menurut Para Ahli|Pancasila pasti sering kita dengar pada saat kita sekolah upacara pada hari senin , tahukah kalian mengapa dikatakan pancasila & tahukah kalian apakah itu pancasila, yang sebenarnya sudah sering anda dengar tapi belum mengetahui [Pengertian] pancasila. oleh karna itu mari kital lihat penjelasan diawah ini mengenai. [Pengertian] atau arti Pancasila & [Pengertian] Pancasila Menurut Para Ahli Sebagai berikut...
A. [Pengertian] Pancasila
Ditinjau & asal usulnya, kata “Pancasila” berasal & bahasa Sanskerta yang mengandung dua suku kata, yaitu panca & syila. Panca berarti lima & syila dengan huruf yang dibaca pendek mempunyai arti satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting. Dengan demikian Pancasila dapat diartikan berlaku sendi, lima. Atau lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan (Panca syila krama).

B. [Pengertian] Pancasila Menurut Para Ahli
Berikut ini pendapat para ahli tentang [Pengertian] Pancasila, adalah sebagai berikut.
1. Notonegoro
Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar fasafah & ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan & kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa & negara.
2. Muhammad Yamin
Pancasila berasal & kata panca yang berarti lima & sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laku yang penting & baik. Dengan démikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi Pedomanatau aturan tentang tingkah laku yang penting & baik.
3. Ir. Soekarno
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia 
[Pengertian] Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia 
Sejarah Indonesia - Sejarah Perumusan Pancasila 
[Pengertian] Dasar Negara & Fungsi Dasar Negara 
Contoh Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari
[Pengertian] Pancasila & Pancasila Menurut Para Ahli [Pengertian] Pancasila & Pancasila Menurut Para Ahli
Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Pancasila & Pancasila Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] pancasila, & [Pengertian] pancasila menurut para ahli. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
(Sumber - PKn, Hal - 2, Penerbit - Citra Pustaka, Penulis - Fifi Purnama Dewi, S.Pd. Diponegoro No. 76A)
LihatTutupKomentar