[Pengertian] literasi dapat diartikan sebagai kemampuan individu mengolah & memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis & lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre & kultural.
Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaraan' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca & tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal.
Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaraan' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca & tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal.
Terkait pengeritian Literasi, National Institut for Literacy menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi ([Pengertian] literasi) adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung & memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga & masyarakat. Education Development Center (EDC) juga turut mengeluarkan [Pengertian] dari literasi, yaitu kemampuan individu untuk menggunakan potensi serta skill yang dimilikinya, jadi bukan hanya kemampuan baca tulis saja. Lebih lanjut lagi, UNESCO juga menjelaskan bahwa [Pengertian] literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca & menulis yang terlepas dari konteks dimana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh & bagaimana cara memperolehnya. Menurut UNESCO, pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman. Kemudian, di dalam kamus online Merriam – Webster, dijelaskan bahwa literasi adalah kemampuan atau kualitas melek aksara dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis & juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.
Pada abad pertengahan, sebutan literatus ditujukan kepada orang yang dapat membaca, menulis & bercakap-cakap dalam bahasa Latin. Sejarawan Itali Carlo M. Cipolla istilah “semi-iliterate” untuk mereka yang dapat membaca tetapi tidak dapat menulis. Dengan kata lain, [Pengertian] literasi hanya berkaitan dengan keaksaraan atau bahasa. Dalam perkembangan waktu, [Pengertian] literasi berkembang menjadi konsep fungsional. Pada tahun 1960-an istilah literasi dikaitkan dengan berbagai fungsi & keterampilan hidup individu. Konsep Literasi merupakan seperangkat kemampuan mengolah, menganalisa & memahami informasi dari bahan bacaan. Literasi bukan tentang membaca & menulis saja, melainkan dapat mencakup bidang lain, seperti ekonomi, matematika, sains, sosial, lingkungan, keuangan, bahkan moral (moral literacy). Saat ini, penggunaan istilah Literasi mulai digunakan dalam arti yang lebih luas, namun tetap merujuk kepada kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan membaca & menulis. Beberapa istilah yang ada seperti Literasi Informasi, literasi komputer, literasi sains & lain sebagainya.
Pada abad pertengahan, sebutan literatus ditujukan kepada orang yang dapat membaca, menulis & bercakap-cakap dalam bahasa Latin. Sejarawan Itali Carlo M. Cipolla istilah “semi-iliterate” untuk mereka yang dapat membaca tetapi tidak dapat menulis. Dengan kata lain, [Pengertian] literasi hanya berkaitan dengan keaksaraan atau bahasa. Dalam perkembangan waktu, [Pengertian] literasi berkembang menjadi konsep fungsional. Pada tahun 1960-an istilah literasi dikaitkan dengan berbagai fungsi & keterampilan hidup individu. Konsep Literasi merupakan seperangkat kemampuan mengolah, menganalisa & memahami informasi dari bahan bacaan. Literasi bukan tentang membaca & menulis saja, melainkan dapat mencakup bidang lain, seperti ekonomi, matematika, sains, sosial, lingkungan, keuangan, bahkan moral (moral literacy). Saat ini, penggunaan istilah Literasi mulai digunakan dalam arti yang lebih luas, namun tetap merujuk kepada kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan membaca & menulis. Beberapa istilah yang ada seperti Literasi Informasi, literasi komputer, literasi sains & lain sebagainya.
Pemahaman literasi pada akhirnya tidak hanya merambah pada masalah baca tulis saja. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).
a) Literasi Dasar
Ada 6 literasi dasar penting yang diidentifikasi & perlu dikuasai anak-anak, yaitu:
1. Literacy (keterampilan berbahasa)
2. Numeracy
3. Scientific literacy
4. ICT literacy
5. Financial literacy
6. Cultural and civic literacy
1. Literacy (keterampilan berbahasa)
2. Numeracy
3. Scientific literacy
4. ICT literacy
5. Financial literacy
6. Cultural and civic literacy
b) Kompetensi
Ada 4 keterampilan yang dinilai krusial untuk membantu anak-anak menyelesaikan masalah yang kompleks, yaitu:
7. Critical thinking/problem-solving
8. Kreativitas
9. Komunikasi
10. Kolaborasi
7. Critical thinking/problem-solving
8. Kreativitas
9. Komunikasi
10. Kolaborasi
c) Kualitas karakter
Ada kualitas karakter & penyikapan yang tepat terhadap perubahan lingkungan dibangun melalui pengembangan keterampilan-keterampilan berikut ini:
11. Keingintahuan
12. Inisiatif
13. Persistence/grit
14. Adaptability
15. Leadership
16. Social and cultural awareness
11. Keingintahuan
12. Inisiatif
13. Persistence/grit
14. Adaptability
15. Leadership
16. Social and cultural awareness
Selain itu, ada juga tiga literasi lainnya yang perlu dikuasai oleh peserta didik, yakni literasi kesehatan, keselamatan (jalan, mitigasi bencana), & kriminal (bagi siswa SD disebut ―sekolah aman‖) (Wiedarti, Mei 2016). Literasi gesture pun perlu dipelajari untuk mendukung keterpahaman makna teks & konteks dalam masyarakat multikultural & konteks khusus para difabel. Semua ini merambah pada pemahaman multiliterasi. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri,(4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016).
Menurut Cope dan Kalantzis (2000), pedagogi multiliterasi yang dikembangkan oleh New London Group merupakan pandangan yang melihat semakin berkembangnya dimensi literasi yang multibahasa & multimodal. Dengan demikian, sekolah dan masyarakat perlu mengembangkan praktik & keterampilan menggunakan beragam cara untuk menyatakan & memahami ide-ide dan informasi dengan menggunakan bentuk-bentuk teks konvensional maupun bentuk-bentuk teks inovatif, simbol, & multimedia (Abidin, 2015). Beragam teks yang digunakan dalam satu konteks ini disebut teks multimodal (multimodal text). Adapun pembelajaran yang bersifat multiliterasi--menggunakan strategi literasi dalam pembelajaran dengan memadukan keterampilan abad ke-21 (keterampilan berpikir tingkat tinggi)--diharapkan dapat menjadi bekal kecakapan hidup sepanjang hayat.
Hal ini sesuai dengan apa yang tersaji dalam peta jalan gerakan literasi nasional (GLN). Dalam buku tersebut, makna dan cakupan literasi meliputi - :(a) literasi sebagai rangkaian kecakapan membaca, menulis, berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses & menggunakan informasi; (b) literasi sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; (c) literasi sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca & menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, & mengkritisi ilmu & gagasan yang dipelajari, (d) literasi sebagai teks yang bervariasi menurut subjek, genre, & tingkat kompleksitas bahasa.
Prinsip pengembangan literasi Sekolah. Menurut Beers (2009), Prinsip pengembangan literasi Sekolah harus menekankan hal berikut ini :
• Program Literasi Yang Baik Bersifat Berimbang.
Sekolah yang menerapkan prinsip ini maka akan menyadari bahwa siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lain maka dari itu, diperlukan berbagai strategi membaca & variasi teks.
• Diskusi & Strategi Bahasa Lisan Sangat Penting
Dalam prinsip literasi ini, siswa dituntut untuk dapat berdiskusi mengenai suatu informasi tertentu & dalam diskusi membuka kemungkinan perbedaan pendapat & diharapkan dapat mengungkapkan perasaan & pendapatnya untuk melatih kemampuan berfikir lebih kritis.
• Program Literasi Berlangsung di Semua Kurikulum
Program literasi di tunjukan oleh seluruh siswa jadi tidak bergantung pada kurikulum & membiasakan kegiatan literasi adalah kewajiban guru semua mata pelajaran.
• Keberagaman Perlu dirayakan di Kelas & di Sekolah
Para siswa disediakan buku-buku yang bertemakan kekayaan budaya negara Indonesia agar lebih mengenal budaya yang ada & ikut melestarikannya.
Berdasarkan uraian tersebut, istilah literasi merupakan sesuatu yang terus berkembang atau terus berproses, yang pada intinya adalah pemahaman terhadap teks dan konteksnya sebab manusia berurusan dengan teks sejak dilahirkan, masa kehidupan, hingga kematian, Keterpahaman terhadap beragam teks akan membantu keterpahaman kehidupan & berbagai aspeknya karena teks itu representasi dari kehidupan individu & masyarakat dalam budaya masing-masing.