[Pengertian] Unsur & Rumus Kimia

[Pengertian] Unsur & Rumus Kimia - Pada tulisan kali ini kita akan membahas [Pengertian] Unsur & Rumus Kimia, Unsur & Rumus Kimia, [Pengertian] Unsur, Penulisan Lambang Unsur, Tabel Periodik Unsur, Nama & Rumus Kimia.

Unsur & Rumus Kimia

Semua benda yang ada di dunia ini, seperti batu, tanah, tumbuhan, hewan, & alat-alat rumah tangga yang ada di sekitarmu merupakan materi.

Tahukah kamu, apakah materi itu? Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa & menempati ruang. Istilah materi sering disamakan dengan istilah benda & zat.

Sebenarnya, baik benda, materi, & zat dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa & menempati ruang.

1. [Pengertian] Unsur

Perhatikan beberapa macam benda, seperti sekrup, cincin, panci, pensil, & lampu pijar. Nah, tahukah kamu terbuat dari apa benda-benda tersebut?

Sekrup terbuat dari besi. Cincin terbuat dari emas. Kawat pada lampu pijar terbuat dari tungsten (wolfram).

Panci terbuat dari aluminium. Isi pensil terbuat dari karbon. Nah, besi, emas, tungsten, aluminium, & karbon merupakan beberapa contoh unsur.

Setelah mempelajari uraian di atas, dapatkah kamu menyimpulkan apakah sebenarnya yang dinamakan unsur itu?

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.

Pada kondisi normal, banyak di antara unsur ini berupa benda padat, seperti tembaga, emas, besi, & timbal.

Merkuri atau yang lebih dikenal dengan nama air raksa & brom merupakan contoh unsur yang berwujud cair. Oksigen & nitrogen adalah contoh unsur yang berupa gas.

2. Penulisan Lambang Unsur

Jumlah unsur sangat banyak. Untuk memudahkan dalam mengingat & mempelajarinya, maka nama unsur dapat dinyatakan dengan lambang unsur.

Bagaimana cara menuliskan lambang unsur? Setiap unsur memiliki lambang masing-masing berdasarkan nama ilmiah yang diambil dari nama latinnya.

Penulisan lambang unsur mengalami berbagai perubahan dari masa ke masa, di antaranya lambang unsur pada zaman alkimia, masa John Dalton, & masa Jakob Berzelius.

Perubahan penulisan lambang unsur ini dapat kamu amati pada Tabel 2.11.



Penulisan lambang kimia yang dipakai sampai saat ini adalah berdasarkan usulan Jons Jakob Berzelius. Menurut Berzelius, penulisan setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latin unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf besar.

Jika ada unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, penulisan lambang unsur dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf kecil.

3. Tabel Periodik Unsur

Di alam semesta ini terdapat 114 unsur baik alami maupun buatan. Unsur alami terdiri atas 91 jenis unsur & 23 unsur sisanya merupakan unsur buatan.

Unsur-unsur tersebut dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifatnya. Pengelompokan unsur ini dinamakan Tabel Periodik Unsur.

Perhatikan Tabel Periodik Unsur pada Gambar 2.7.




Dari Tabel Periodik Unsur pada Gambar 2.7, dapat kita lihat bahwa unsur-unsur dapat digolongkan menjadi logam, nonlogam, metaloid, & gas mulia.

4. Nama & Rumus Kimia

Senyawa adalah zat-zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan massa tertentu. Dapatkah kamu memberikan contoh senyawa? Air & garam dapur merupakan salah satu contoh senyawa.

Mengapa air & garam dapur dikatakan senyawa? Air & garam dapur dikatakan senyawa karena tersusun atas dua unsur atau lebih. Air tersusun atas dua jenis unsur, yaitu hidrogen & oksigen dengan perbandingan massa tertentu & tetap.

Garam dapur juga tersusun atas dua jenis unsur, yaitu natrium danklorin dengan perbandingan massa tertentu & tetap. Contoh lainnya, nitrogen & hidrogen bergabung membentuk amoniak.

Contoh senyawa ditunjukkan pada Tabel 2.14.

Unsur & Rumus Kimia, [Pengertian] Unsur, rumus kimia, unsur kimia, rumus kimia senyawa, bahan 
kimia, kimia, unsur unsur kimia, tabel periodik kimia, bahan bahan kimia ,
LihatTutupKomentar