[Pengertian] Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli

Sains tentu bagi yang pernah mengeyang pendidikan, tidak asing lagi mendengar kata ini. Tapi mungkin sudah basih, yah seperti itulah penulis yang sekarang rasakan.

Membahas mengenai [Pengertian] tujuan, ciri & [Pengertian] sains menurut para ahli sangat terasa membosankan. Mohon maaf penulis harus jujur.

Akan tetapi, penulis juga tidak memungkiri bahwa penulis diawal pertama kali menginformasikan teman-teman tentang [Pengertian] sains, tujuan & ciri-ciri sains itu sendiri sempat pusing untuk memulai awal mula dari pembahasan ini.

Penulis harus membuka lembaran demi lembaran setiap buku yang pernah penulis "makan". Buku-buku tersebut awalnya pertama penulis bersihkan dari debu yang menempel dibuku-buku penulis. Soalnya penulis mengira bahwa pembahasan ini adalah tataran SD, SMP ataupun SMA kelas 1.

Sehingga mohon maaf saja kepada teman-teman jika pembahasan atau pemberian informasi mengenai [Pengertian] sains, tujuan sains, ciri sains, & [Pengertian] sains menurut para ahli sedikit kurang dimengerti teman-teman.

Namun penulis juga tidak hanya serta merta melampirkan informasi ini kepada teman-teman di meja dinding . Penulis juga memberikan sedikit penjelasan sejauh pemahaman penulis tentang [Pengertian] sains. Oleh karena itu, jika terdapat kekurangan dalam informasi pada kali ini mohon teman-teman dapat mengerti jika telah membaca pembuka atau penulis yang telah dijelaskan pada informasi kali ini & jika terdapat kelebihan itu pasti datangnya dari penulis sendiri. Tapi kalau ada kurang itu bukan dari penulis. Just Kidding.

[Pengertian] Sains - Apa itu Sains? 

[Pengertian] sains secara etimologi berasal dari bahasa Latin yakni "Scientia" yang dapat diartikan sebagai "pengetahuan" atau "mengetahui". Setelah itu, lahirlah kata Science yang diketahui berasal dari bahasa Inggris. Sedangkan [Pengertian] sains secara terminologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam & mengungkap fenonema yang terkandung didalamnya yang dijabarkan melalui metode ilmiah. 

Selain itu, terkadang juga Sains didefinisikan bahwa sains ialah suatu cara dalam mempelajari aspek-aspek tertentu yang terdapat dari alam dengan terorganisir, sistematik & juga dengan metode saintifik yang terbakukan. 

[Pengertian] Sains Menurut Para Ahli 

Selain [Pengertian] atau definisi sains diatas, juga terdapat beberapa [Pengertian] sains yang dikemukakan oleh para ahli. Adapun [Pengertian] tersebut antara lain sebagai berikut.

1. [Pengertian] Sains Menurut Webster's New Collegiate Dictionary 
Berdasarkan pendapat Webster's New Collegiate Dictionary, bahwa [Pengertian] sains adalah pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu misalnya yang diperoleh & diuji melalui metode ilmiah. 

2. [Pengertian] Sains Menurut Hardy & Fleer 
Menurut Hardy & Fleer (1996) bahwa sains dalam perspektif yang lebih luas. Menurut ahli sains bahwa terdapat [Pengertian] & fungsi sains.
  • Sains sebagai kumpulan pengetahuan 
  • Sains sebagai suatu proses
  • Sains sebagai kumpulan nilai 
  • Sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia. 
3. [Pengertian] Sains Menurut Hardy & Fleer 

Hardy & Fleer memberikan penekanan bahwa terdapat aspek nilai ilmiah yang melekat kedalma sains yang termasuk didalam nilai kejujuran, rasa ingin tahu, & keterbukaan saat & setelah seseorang melakukan suatu proses-proses sains. 

4. [Pengertian] Sains Menurut Einstein 
Menurut Einstein (1940) mengatakan bahwa sains adalah "science is the attempt to make the chaotic diversity of our sense ecperience correspond to a logically uniform system of thought. Menurut ahli fisika ini bahwa [Pengertian] sains adalah sebuah bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau engalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam. 

5. [Pengertian] Sains Menurut Doran 
Menurut Doran R.et al. (1998) mengatakan bahwa [Pengertian] sains adalah "Learning science is something that students do, actively, non something that is done to them."

6. [Pengertian] Sains Menurut UU No. 2 Tahun 2003  
Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bahwa [Pengertian] sains adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting & tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI,SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta. 

7. [Pengertian] Sains Menurut Sund 
Menurut Sund (Yudianto, 11:2005) bahwa [Pengertian] sains adalah sebagai produk & proses hal-hal berikut ini: 
  • Scientific attitudes (sikap ilmiah), yaitu misalnya keyakinan nilai-nilai, gagasan, objektif, jujur, menghargai pendapat orang lian, & sebagainya. 
  • Scientific processes or methods (metode ilmiah), yaitu suatu cara khusus dalam memecahkan problem misalnya mengamati fakta, membuat hipotesis, merancang & melaksanakan eksperimen, mengumpulkan, & menyusun data, mengevaluasi data, menafsirkan, & menyimpulkan data, serta membuat teori & mengkomunikasikannya. 
  • Scientific products atau produk ilmiah yang berarti terdapat fakta, konsep, prinsip, hukum, teori tentang fenomena alam & juga sebagainya. 

Ruang Lingkup 

Dipahami bahwa ruang lingkup dari sains terkadang terbatas dari berbagai hal yang diketahui oleh Indera misalnya atau contohnya penglihatan, pendengaran, sentuhan, rabaan & juga pengecapan. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran sains membahas mengenai pembuktian suatu persoalan. 

Definisi atau [Pengertian] sains sering dikatakan sebagai sains murni. Selain itu juga ada yang dikatakan sebagai sains terapan. Apa itu sains terapan?, [Pengertian] sains terapan adalah aplikasi dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari manusia. Hal demikian maka, sains memiliki Jenis2 sebagai berikut. 
  • Natural sains atau Ilmu Pengetahuan Alam. 
  • Sosial Sains atau Ilmu Pengetahuan Sosial. 
Selain itu terdapat karakteristik yang mendasar dari sains. Hal tersebut adalah kuantifikasi yang dimana gejala alam tersebut terbentuk dari kuantitas. Sains sebagai disiplin ilmu yang terdiri atas macam-macam jenis yakni: 
  • Ilmu alam. Ilmu alam adalah istilah yang digunakan untuk merujuk dari rumpun ilmu yang mana objek terdiri dari benda-benda alam dengan hukum pasti & umum yang berlaku kapanpun & dimanapun. Contohnya, biologi, kimia & fisika. 
  • Ilmu budaya. Ilmu budaya adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan. Contohnya adalah bahasa, kewarganegaraan, & agama. 
  • Ilmu sosial. Ilmu sosial adalah sekelompok disiplin ilmu dari akademis yang mempelajari aspek-aspek yang memiliki hubungan dengan manusia & juga lingkungan sosialnya. 

Ciri-Ciri Sains 

Adapun ciri-ciri sains adalah sebagai berikut. 
  1. Sains adalah logis, rasional, & wajar. 
  2. Ilmu membuat klaim yang terdefinisi yang didasarkan pada bukti baik yang tersedia. 
  3. Hipotesis ilmiah harus bersifat falsifable (falsifable adalah tidak bisa diperiksa kesalahan-kesalahan sehingga belum dapat dianggap sebagai sains). 
  4. Eksperimen Ilmiah harus dapat diulang dalam kondisi yang sama. 
  5. Ilmu memandang adanya kesenjangan yang tidak dapat dijelaskan dala teori atau juga bukti kecurigaan. 
  6. Ilmu membutuhkan adanya upaya objektivitas, baik dari kontrol variabel & bias. 
  7. Ilmu menuntut penggunaan kejujuran dari metode ilmiah & juga laporan jujur
  8. Sains tidak menerima kebetulan atau juga korelasi yang tidak terbukti. 
  9. Persimoni atau juga kesederhanaan atau penjelasan yang sederhana. 

Tujuan Sains 

Segala sesuatu memiliki tujuan. Sains dengan perannya saat ini, tentu menghasilkan suatu model yang dapat digunakan untuk mengungkap realitas. Hal demikian dapat dilakukan dengan menggunakan beberap penyelidikan ilmiah. Penyelidikan ilmiah tersebut terdiri dari bentuk metode antara lain sebagai berikut.
1. Observasi
2. Hipotesis
3. Prediksi
4. Penelitian
5. Kesimpulan
 Sains tentu bagi yang pernah mengeyang pendidikan [Pengertian] Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli
Ilustrasi: [Pengertian] Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Sains, Tujuan, Ciri & Sains Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan & dapat bermanfaat bagi kehidupan sekitar. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

LihatTutupKomentar