[Pengertian] Pelapukan

[Pengertian] atau definisi Pelapukan menurut para ahli yang telah disimpulkan bahwa [Pengertian] pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan (juga benda lain) pada tempat asalnya. Pelapukan merupakan sebagian sumber kekuatan yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen, [Pengertian] eksogen & penjelasannya telah dibahas sebelumnya dimana sumber-sumber kekuatan yang ditimbulkan tenaga eksogen adala pelapukan, erosi, & sedimentasi. Dalam Jenis2 pelapukan berdasarkan terjadinya yakni mekanik, kimia, & organik, untuk mengetahui Jenis2 pelapukan atau macam-macam pelapukan secara jelas, dimana penjelasan tentang Jenis2 pelapukan atau macam-macam pelapukan ada dibawah ini.

  1. Pelapukan Mekanik adalah rusaknya batuan karena faktor panas & dingin. Proses panas & dingin setiap hari menyebabkan batuan retak & pecah-pecah. Selain itu, air yang mengalir, angin yang bertiup & ombak yang menghantam karang juga berakibat pada pecahnya batu-batuan menjadi klastika-klastika berukuran besar sampai yang kecil. Contohnya, bongkah, kerakal, krikil, pasir, debu, & lempung.
  2. Pelapukan Kimia adalah rusaknya batu-batuan akbiat reaksi kimia. Contohnya, air hujan karena mengandung CO2 dapat melarutkan batuan gamping.
  3. Pelapukan Organik adalah rusaknya batu-batuan akbiat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ini ada yang bersifat mekanik & kimiawi. Aktivitas mekanik menimbulkan pelapukan biomekanik. Contohnya, manusia memecah batu, mengolah tanah, menggali lubang tambang, pijakan kaki hewan-hewan besar menimbulkan lubang hingga tanah longsor, & desakan akar dapat memecah batuan atau tembok. 

 [Pengertian] atau definisi Pelapukan menurut para ahli yang telah disimpulkan b [Pengertian] Pelapukan
(Contoh Pelapukan Mekanik pada batu.)
Ativitas Kimia yang menimbulkan pelapukan biokimia, contohnya akar tanaman & hewan-hewan serta bakteri yang mengeluarkan cairan (excreet) bersifat asam untuk melunakkan batu-batuan sehingga dengan mudah dapat menembusnya. Sisa tumbuhan-tumbuhan (humus) dapat menggemburkan tanah yang keras hingga menjadi tanah gembur & dpat ditanami. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pelapukan merupakan proses pembentukan tanah. 

Sekian artikel tentang [Pengertian] Pelapukan & Jeni-Jenis Pelapukan semoga bermanfaat 
LihatTutupKomentar