Fakta-Fakta Binatang Koala Yang Lucu

 Koala (Phascolarctos cinereus) ialah salah satu hewan berkantung (marsupial) khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae.
Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala bekerjsama minum air tetapi sangat jarang sebab makanannya, daun ekaliptus, sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun dari pohon untuk minum.


                                                       khas dari Australia dan merupakan wakil satu Fakta-Fakta Hewan Koala Yang Lucu


1. Koala sanggup ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide hingga ke Semenanjung Cape York, dan hingga jauh ke pedalaman sebab ada curah hujan yang cukup untuk mendukung hutan yang cocok bagi koala.Menariknya tidak ada koala di Australia barat, Nothern territory atau di Tasmania.

2. Koala di serpihan selatan Australia umumnya jauh lebih besar daripada koala dibagian utara. Koala cenderung mempunyai bulu yang tebal mirip mantel semoga tetap hangat di demam isu dingin. Koala queenslan cenderung lebih kecil ukurannya dan bulunya juga tidak terlalu lebat.                                                      

3. Makanan pokok Koala ialah  daun ekaliptus (Eucalyptus).Daun ekaliptus ialah daun  yang mengandung protein dalam jumlah rendah, zat tak tercerna dalam kadar tinggi, dan mengandung senyawa fenol dan terpena yang beracun bagi spesies lain. Seperti wombat dan kukang.

4. Ada banyak jenis atau varietas yang berbeda dari pohon ekaliptus dan hanya beberapa jenis saja yang dimakan koala. Daun ekaliptus sulit untuk dikunyah, tinggi serat dan rendah protein. Seiring dengan tingkat metabolisme yang rendah koala harus menghemat energi dan melaksanakan hal ini dengan tidur 19-20 jam sehari. Kumudia bagun selama 3-5 jam saja untuk mencari makan kemudian tidur lagi.

5. Koala makan tidak tergantung waktu, tetapi biasanya pada malam hari. Koala umumnya memakan 500 gram daun eucalyptus per hari, mengunyah mereka hingga menjadi pasta yang halus sebelum menelannya. Hatinya memisahkan materi beracun dan siap untuk dibuang, dan "hind gut"nya (terutama caecum) lebih besar untuk mengambil jumlah nutrisi maksimum dari kuliner yang berkualitas rendah.

6. Koala berkomunikasi dengan cara berteriak satu sama lain dan meskipun sepertinya koala ialah makhluk jinak yang hangat dipeluk , mereka sanggup cukup ganas jikalau diganggu.
Koala mempunyai gigi dan cakar yang membantu dalam pendakian dan mengunyah kuliner keras yang mereka butuhkan tajam. Jarang mereka minum air, meskipun akan melakukannya jikalau benar-benar diperlukan.

7. Musim kawin Koala terjadi selama Australia memasuki demam isu semi atau demam isu panas dari sekitar bulan September hingga Maret.

8. Masa Kehamilan koala ialah 35 hari, di mana anak koala yang masih kecil lahir buta dan tanpa bulu. Itu menciptakan jalan ke kantong menghadap ke belakang di mana ia akan mendapat nutrisi dari 2 kelenjar susu untuk 6 bulan ke depan. Bayi akan menciptakan jalan mereka keluar dari kantong sekitar 8 bulan dan menempel ke punggung ibunya. Kadang-kadang koala akan mempunyai off perut ibunya. Bayi sepenuhnya disapih pada 12 bulan.

9. Koala sanggup bersama dengan ibu mereka selama sekitar 3 tahun atau hingga bayi lain lahir.


Sayangnya populasi koala yang menurun, terutama sebab urbanisasi yang telah menimbulkan kerusakan habitatnya. Meskipun koala kini diakui sebagai 'rentan' oleh pemerintah Australia, habitatnya tidak dilindungi.
LihatTutupKomentar