[Pengertian] Macam2 Tema, Latar, serta Penokohan Cerpen

Selanjutnya merupakan Artikel yang menjelaskan tentang [Pengertian] tema, contoh tema, macam-macam tema, ciri-ciri tema, latar, [Pengertian] latar, macam-macam latar, Jenis2 latar, penokohan cerpen, Unsur intrinsik.

Untuk dapat mengapresiasi sebuah karya sastra dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi unsur intrinsik karya sastra. Unsur intrinsik ialah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam yang mewujudkan struktur suatu karya sastra, seperti - tema, tokoh, alur, latar, & amanat.

 Menemukan Tema, Latar, & Penokohan Cerpen

1. Tema

Tema adalah gagasan pokok yang mendasari suatu cerita. Tema fiksi termasuk cerpen, umumnya diklasifikasikan menjadi tema jasmaniah, tema moral, tema sosial, & tema ketuhanan.

2. Latar

Suatu karya fiksi seperti cerpen harus terjadi pada suatu tempat & suatu waktu. Hal itu sesuai dengan kehidupan ini yang berlangsung dalam ruang & waktu. Unsur fiksi yang menunjukkan kepada pembaca di mana, kapan, & dalam konteks bagaimana kejadian-kejadian dalam cerita berlangsung disebut setting atau latar.

3. Penokohan & Perwatakan

a. Jenis2 Tokoh

Klasifikasi tokoh ada bermacam-macam. Berdasarkan peranan tokoh tersebut dalam cerita, terdapat tokoh sentral & tokoh pembantu. Berdasarkan perkembangan konflik cerita terdapat tokoh protagonis & antagonis.

Menggunakan Partikel pun & Kata Seru, Partikel pun, Kata Seru, Kata Partikel, Partikel Bahasa Indonesia, Eyd
LihatTutupKomentar