[Pengertian] Sel Lengkap

Hallo agan..Sel adalah unit struktural & fungsional terkecil dari sebuah organisme. Sel pertama kali diamati oleh Robert Hook pada tahun 1665. Ia mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana & melihat adanya ruangan kecil yang berderet. Ruang tersebut lalu dinamakan sel oleh Robert Hook.

 
Sel adalah unit struktural & fungsional terkecil dari sebuah organisme [Pengertian] Sel Lengkap
struktur sel

Pada tahun 1839, Mathias Schleiden & Thomas Schwan mempelajari bagian-bagian tumbuhan & hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan & hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan & hewan tersusun atas sel. Berdasarkan Pengamatannya, mereka menyimpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil penyusun organisme. Nah, dari situlah kita tahu [Pengertian] sel.

Setiap sel yang hidup mempunyai membran & cairan yang disebut sitoplasma. Selain memiliki membran & sitoplasma, setiap sel juga memiliki inti sel(nukleus) atau bahan inti. Berdasarkan ada tidaknya membran sel yang melindungi inti sel, sel dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Prokariot

Merupakan sel yang tidak memiliki membran inti, misalnya bakteri & alga biru.

b. Eukariot

Merupakan sel yang memiliki membran inti, misalnya sel-sel yang terdapat pada hewan & tumbuhan.
Baik sel prokariot ataupun eukariot berukuran sangat kecil. Di dalam tubuh kita terdapat sekitar 200 jenis sel & berjumlah lebih dari 50 miliar sel. Berdasarkan banyaknya sel yang menyusun tubuh, organisme dibedakan  menjadi dua kelompok lagi yaitu:

a. Organisme bersel tunggal (uniseluler)

Pada organisme uniseluler, seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri. Kegiatan hidup itu misalnya bernapas, makan, & mengeluarkan zat sisa, berkembang biak, & bergerak. Contoh organisme multiseluler adalah bakteri & protista.


b. Organisme bersel banyak (multiseluler)

Pada organisme multiseluler, sel-sel penyusun tubuhnya mengadakan pembagian tugas. Ada yang bertugas mencerna makanan, bergerak, mengeluarkan zat sisi (ekskresi) & berkembang biak. Oleh karena itu, tubuh organisme multiselular mempunyai berbagai macam organ. Misalnya organ pencernaan makanan, organ pernapasan, organ reproduksi, indra & lainnya.

Jadi dari uraian diatas, [Pengertian] sel adalah unit struktural & fungsional terkecil dari sebuah organisme yang berfungsi menyusun organisme tersebut.


Demikian artikel dari saya tentang [Pengertian] sel lengkap semoga bermanfaat bagi agan sekalain yang sedang mencari informasi tersebut.
LihatTutupKomentar