, [Pengertian] media sosial adalah media online yang mendukung adanya interaksi sosial. Sosial media atau media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah suatu komunikasi ke dalam dialog interaktif. Beberapa contoh-contoh situs media sosial yang sangat populer saat ini adalah Facebook, Twitter, Blog & Wikipedia.
[Pengertian] Media Sosial Menurut Para Ahli
Menjamurnya pengguna media sosial hingga sampai saat ini, juga tidak lepas dari peran serta para ahli dalam memberikan gagasan, pandangan ataupun teorinya terkait media sosial. Beberapa gagasan ataupun teori dalam media sosial, secara sederhana dapat berupa sebuah definisi media sosial atau [Pengertian] media sosial.
Definisi media sosial, tidak serta merta berupa gagasan yang tidak berdasar yang dikeluarkan oleh para ahli tersebut. Demikian adanya, media sosial memiliki fungsi, peran, & dampak bagi kehidupan masyarakat yang harus didesain sedemikian rupa agar media sosial tetap pada fungsi, & tujuan media sosial itu sendiri, & memiliki manfaat dalam kehidupan setiap individu.
Olehnya itu, sumbangsih pemikiran para ahli, diantaranya mengenai [Pengertian] media sosial, patut untuk di apresiasi & sebagai pengguna patut berbangga & bersyukur, peran serta dari para ahli dalam memberikan arah teknologi mutakhir ini, media sosial. Adapun definisi atau [Pengertian] media sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut.
1. [Pengertian] Media Sosial Menurut Antony Mayfield (2008)
Menurut Antony Mayfield (2008) yang memberikan gagasannya berupa definisi media sosial dimana menurutnya [Pengertian] media sosial adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagai & menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).
2. [Pengertian] Media Sosial Menurut Andreas Kaplan & Michael Haenlien
Menurut Andreas Kaplan & Michael Haenlien mendefinisikan bahwa [Pengertian] media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi & teknologi Web 2.0 & yang memungkinkan penciptaan & pertukaran user generated content.
3. [Pengertian] Media Sosial Menurut Lisa Buyer
Menurut Lisa Buyer, bahwa definisi media sosial adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik & interaktif saat ini.
4. [Pengertian] Media Sosial Menurut Sam Decker
Menurut Sam Decker yang turut serta memberikan perannya dalam bentuk gagasan berupa definisi media sosial yang menurutnya bahwa [Pengertian] media sosial adalah konten digital & interaksi yang dibuat oleh & antar satu sama lain.
5. [Pengertian] Media Sosial Menurut Marjorie Clayman
Menurut Marjorie Clayman bahwa definisi atau [Pengertian] media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan & calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
6. [Pengertian] Media Sosial Menurut Philip Kotler & Kevin Keller (2012:568)
Menurut Philip & Kevin Keller bahwa [Pengertian] media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, & audio dengan satu sama lain & dengan perusahaan & sebaliknya.
7. [Pengertian] Media Sosial Menurut Henderi, Muhammad Yusup, & Yuliana Isma Graba (2007 - 3)
Menurut Henderi, dkk, bahwa [Pengertian] media sosial adalah situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, & melihat & menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.
Menurut Andreas Kaplan & Michael Haenlien mendefinisikan bahwa [Pengertian] media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi & teknologi Web 2.0 & yang memungkinkan penciptaan & pertukaran user generated content.
3. [Pengertian] Media Sosial Menurut Lisa Buyer
Menurut Lisa Buyer, bahwa definisi media sosial adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik & interaktif saat ini.
4. [Pengertian] Media Sosial Menurut Sam Decker
Menurut Sam Decker yang turut serta memberikan perannya dalam bentuk gagasan berupa definisi media sosial yang menurutnya bahwa [Pengertian] media sosial adalah konten digital & interaksi yang dibuat oleh & antar satu sama lain.
5. [Pengertian] Media Sosial Menurut Marjorie Clayman
Menurut Marjorie Clayman bahwa definisi atau [Pengertian] media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan & calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
6. [Pengertian] Media Sosial Menurut Philip Kotler & Kevin Keller (2012:568)
Menurut Philip & Kevin Keller bahwa [Pengertian] media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, & audio dengan satu sama lain & dengan perusahaan & sebaliknya.
7. [Pengertian] Media Sosial Menurut Henderi, Muhammad Yusup, & Yuliana Isma Graba (2007 - 3)
Menurut Henderi, dkk, bahwa [Pengertian] media sosial adalah situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, & melihat & menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.
Fungsi Media Sosial
Media sosial dalam perannya saat ini, telah membangun sebuah kekuatan besar dalam membentuk pola perilaku & berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Hal ini yang membuat fungsi media sosial sangat besar. Adapun fungsi media sosial diantaranya sebagai berikut:
- Media sosial adalah media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet & teknologi web.
- Media sosial berhasil mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).
- Media sosial mendukung demokratisasi pengetahuan & juga informasi. Mentranformasi manusia dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.
Selain itu, terdapat pendapat lain menurut Puntoadi (2011:5) pengguna media sosial berfungsi sebagai berikut.
- Keunggulan membangun personal branding melalui sosial media adalah tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena aduensilah yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi & bahkan menberikan sebuah popularitas di media sosial.
- Media sosial memberikan sebuah kesempatan yang berfungsi interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menawarkan content komunikasi yang lebhi individual. Melalui media sosial pula berbagai para pemasar dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka & melakukan suatu interaksi secara personal serta dapat membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam.
Karakteristik Media Sosial
Media sosial memiliki ciri-ciri yang tidak lepas dari berbagai ciri-ciri dari media sosial yang banyak digunakan hingga saat ini. Berikut beberapa karakteristik yang terdapat pada media sosial. .
- Partisipasi. Mendorong kontribusi & umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga dapat mengaburkan batas antara media & audience.
- Keterbukaan. Kebanyakan dari media sosial yang terbuka bagi umpan balik & juga partisipasi melalui sarana-sarana voting, berbagai, & juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses & juga memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh).
- Perbincangan. Selain itu, kemungkinkan dengan terjadinya perbincangan ataupun pengguna secara dua arah.
- Keterhubungan. Mayoritas dari media sosial tumbuh dengan subur lantaran terjadi suatu kemampuan yang dapat melayani keterhubungan antar pengguna, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi & bagi pengguna-pengguna lainnya.
Jenis-Jenis Media Sosial
Menurut Kotler & Keller bahwa terdapat tiga macam platform yang utama untuk media sosial.
- Online Communities And Forums. Komunitas online & forum tersebut datang dalam segala bentuk & ukuran dimana banyak dibuat oleh pelanggan ataupun kelompok yang pelanggan tanpa adanya bunga komersial ataupun dengan afiliasi perusahaan. Sebagian hal ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan & dengan satu sama lain yang melalui posting, instant, messaging, & juga chatting yang berdiskusi mengenai minat khusus yang dapat berhubungan dengan produk perusahaan & merek.
- Blogs. Terdapat tiga juta pengguna blog & mereka yang sangat beragam, yang beberapa pribadi untuk teman-teman dekat & keluarga, lainnya dirancang untuk menjangkau & juga mempengaruhi khalayak luas.
- Social Networks. Jaringan sosial telah menjadi kekuatan yang penting baik dalam bisnis konsumen & juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya dari facebook, messanger, twitter & juga Blackberry dll. Jaringan yang berbeda tersebut menawarkan manfaat yang berbeda pula untuk perusahaan.
Selain itu, menurut Puntoadi (2011 - 34) bahwa terdapat beberapa macam-macam media sosial adalah sebagai berikut.
- Bookmarking. Berbagai alamat website yang menurut pengguna bookmark sharing menarik minat mereka. Bookmarking memberikan sebuah kesempatan untuk menshare link & tag yang diminati. Hal demikian bertujuan agar setiap orang dapat menikmati yang kita sukai.
- Content Sharing. Melalui situs-situs content sharing tersebut orang-orang menciptakan berbagai media & juga publikasi untuk berbagi kepada orang lain. YouTube & Flikr merupakan situs content sharing yang biasa dikunjungi oleh khalayak.
- Wiki. Sebagai situs yang memiliki macam-macam karakteristik yang berbeda misalnya situs knowledge sharing, wikitravel yang memfokuskan sebuah diri informasi tempat, & konsep komunitas lebih eksklusif.
- Flickr. Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan sebuah image sharing dengan kontributor yang ahli di setiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr menjadikan "photo catalog" yang setiap produk dapat dipasarkan.
- Social Network. Aktivitas yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking tersebut adalah linkedin, facebook, & MySpace.
- Creating Opinion. Media sosial tersebut memberikan sarana yang dapat berbagi opini dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui hal tersebut, creating opinion, semua orang dapat menulis, jurnalis & sekaligus komentator.
Dengan penerapan satu set teori bidang riset media & proses sosial, Kaplan & Haenlein yang diterbitkan di tahun 2010. Menurut Kaplan & Haenlein, bahwa Jenis2 media sosial adalah sebagai berikut..
- Konten. Pengguna situs demikian mengklik setiap konten saham-konten media, misalnya, gambar, video, ebook dll.
- Proyek Kolaborasi. Situs demikian mengguna dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website ini. Contohnya wikipedia.
- Blog & Microblog. Pengguna bebas dalam mengekspresikan sesuatu hal misalnya ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter.
- Virtual Game World. Sebuah dunia maya, dalam lingkup 3D mengreplikasikan sebuah pengguna yang dalam bentuk yang diinginkan & berinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata.
- Virtual Social World. Virtual dunia yang pengguna merasa hidup dunia maya, misalnya dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, dunia virtual sosial lebih luas & lebih ke arah kehidupan misalnya second life.
Dampak Media Sosial
Berbagai fitur dalam media sosial & juga menjamurnya berbagai macam-macam media sosial saat ini, tak pelak memberikan dampak bagi seluruh kehidupan masyarakat, hingga setiap individu-individu. Demikian terjadi, diakibatkan siklus partisipasi masyarakat ataupun individu semakin berakselerasi dengan pertumbuhan pengguna yang semakin tinggi.
Namun, bukanlah hal yang lumrah untuk saat ini. Media sosial memberikan efek atau dampak yang memiliki perubahan besar dalam seluruh bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial & budaya yang menyeluruh.
Hal ini, media sosial memberikan kelebihan, keuntungan atau dampak positif hadirnya media sosial bagi masyarakat. Akan tetapi, media sosial dalam sejarahnya, juga memberikan kerugian, kelemahan atau dampak negatif yang tidak sedikit hingga menyentuh kasus kriminal yang diperantarai dari hadirnya media sosial. Adapun dampak positif media sosial & juga dampak negatif media sosial sebagai berikut.
Dampak Positif
Berikut dampak positif media sosial.
Namun, bukanlah hal yang lumrah untuk saat ini. Media sosial memberikan efek atau dampak yang memiliki perubahan besar dalam seluruh bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial & budaya yang menyeluruh.
Hal ini, media sosial memberikan kelebihan, keuntungan atau dampak positif hadirnya media sosial bagi masyarakat. Akan tetapi, media sosial dalam sejarahnya, juga memberikan kerugian, kelemahan atau dampak negatif yang tidak sedikit hingga menyentuh kasus kriminal yang diperantarai dari hadirnya media sosial. Adapun dampak positif media sosial & juga dampak negatif media sosial sebagai berikut.
Dampak Positif
Berikut dampak positif media sosial.
- Mempererat silaturahim. Dalam hal silaturahim penggunaan media sosial sangat cocok berinteraksi dengan orang berjauhan tempat tinggalnya.
- Menyediakan ruang untuk berpesan positf. Penggunaan sosial media tersebut telah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator, & juga ulama.
- Mengakrabkan hubungan pertemanan. Media sosial akan mengakbrakan suaut pertemanan kala seseorang malu bertama di dunia nyata.
- Menyediakan informasi yang tepat & akurat. Informasi yang diperoleh dari media sosial baik itu informasi perguruan tinggi, beasiswa & juga lowongan kerja.
- Menambah wawasan & pengetahuan. Akhir ini terdapat akun media sosial yang membagi wawasan & juga pengetahuan yang dapat menarik wawasan juga pengetahuan praktis.
Dampak Negatif
Berikut dampak negatif media sosial.
- Penipuan. Bukan hal yang tabu lagi dimana media sosial juga turut serta tak luput dari serangan penipu.
- Anak & remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
- Situs jejaring sosial merupakan lahan subur bagi predator dalam melakukan kejahatan
- Pornografi. Tidak salah, jika penyebaran terbaik adalah media sosial. Namun, hal ini juga memberikan efek yang tidak baik & jauh dari moral dimana informasi mengenai pornografi juga tersebar di media sosial.
- Remaja & anak, mudahnya mengeluarkan bahasa apapun dalam media sosial
- Prostitusi. Media sosial juga tempat penyebaran informasi berbagai tempat-tempat prostitusi.
- Sarana penyebaran ideologi paling efektif & efisien.
Demikianlah informasi mengenai media sosial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua & dapat menambah pengetahuan kita. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi Media Sosial:
Kaplan, A & Haenlein, M. 2010. Users of the World, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media" Business Horizons 53. Hlm - 59-68.