RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri ....................... |
Kelas/Semester | : XII / 2 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB V MY GOAL AND CAREER D PERGURUAN TINGGI |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 7 Pengembangan Pribadi |
NILAI KARAKTER | : | Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Mengetahui dunia Perguruan Tinggi |
INDIKATOR | : | Memahami bidang pendidikan di Perguruan Tinggi |
BIDANG LAYANAN | : | Karir |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik sanggup menentukan pilihan sekolah lanjutan hingga ke Perguruan Tinggi |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui perihal Perguruan Tinggi ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses · Eksplorasi : peserta didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”. · Elaborasi : peserta didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan persyaratannya. · Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman mencar ilmu sehari-hari agar sanggup masuk ke Perguruan Tinggi. 2. Aspek CTL · Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi mengenai dunia Perguruan Tinggi. · Learning Community (masyarakat belajar) : penerima didik membahas bersama perihal dunia Perguruan Tinggi. · Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : penerima didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : penerima didik memahami dunia Perguruan Tinggi. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi semenjak dini. 2. Refleksi : persyaratan ke Perguruan Tinggi. | 5 ’ |
I. PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Bagan jenis-jenis Perguruan Tinggi. | Laiseg : Mencari isu Perguruan Tinggi Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan isu yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, talenta dan minat. Laijapan : Merencanakan kuliah. |
I. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward kalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, ......................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas XII
.................................... ................................................
NIP. NIP.