6 Cara Meningkatkan Kekebalan Badan Anak, Nomor 3 Sangat Penting

Sistem imun atau kekebalan tubuh sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita, khususnya bagi Anda yang mempunyai anak masih  kecil, sistem imun si kecil sangatlah penting biar si kecil tidak gampang sakit. 

Untuk mencegah anak biar tidak gampang sakit, orang renta melaksanakan aneka macam cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Terdapat dua jenis sistem imunitas pada tubuh anak yaitu sistem imunitas aktif dimana sistem imun ini berperan penting sebagai anti bodi dan melawan zat absurd yang masuk kedalam tubuh.

Yang kedua yaitu sitem imunitas pasif yaitu dengan menyuntikan zat yang bisa meningkatkan antibodi pada tubuh anak-anak. Selain sistem imunitas aktif dan pasih, imunitas dibagi menjadi dua yaitu sistem imun spesifik dan sistem imun non spesifik.

Sistem imun spesifik yaitu sistem imun yang terdiri dari sistem limfoid primer dan limfoid sekunder (sistem imun mukosa dan kelenjar limfe), limfosit B dan limsofit T. Sedangkan sistem imun non spesifik terdiri dari sistem imun yang cenderung bersifat mekanik atau fisik menyerupai selaput lendir,, silia, kulit, batuk, bersin.

Yang bersifat larut menyerupai asam lambung, asam neuraminik, lisosim, laktoferin, suplemen , interferon dan CRP. Sedangkan yang bersifat sekunder yaitu menyerupai Basofil, Eosinofil, Neutrofil, Monosit, Makrofag, Mastosit, Trombosit dan Sel N dan sel K.

Sistem kekebalan tubuh sangat penting lantaran berfungsi untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur serta organisme lainnya. Membantu memperbaiki DNA serta mempunyai fungsi penting bagi kesehatan yakni sebagai anti bodi dengan menghasilkan protein imunoglobulin yang berfungsi untuk memerangi kuman dan virus jahat yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun pada tubuh bawah umur cenderung masih lemah lantaran belum bekerja secara optimal, itu sebabnya bawah umur terkadang rentan atau gampang sekali sakit.

Salah satu upaya meningkatkan sistem imun anak biar tidak gampang terserang penyakit, biasanya di desa-desa terdapat kegiatan imunisasi yang diselenggarakan di posyandu. Namun melaksanakan imunisasi saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem imun anak, biar si kecil tidak gampang sakit orang renta wajib tahu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh anak.
Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, yaitu :

6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Nomor 3 Sangat Penting

1. Memberikan asi eksklusif


Saat gres melahirkan, seorang ibu dianjurkan untuk menunjukkan asi langsung kepada bayi. Mengapa? Karena pada asi mengandung kandungan sistem imun spesifik dan non spesifik yang cukup lengkap.
Dalam asi mengandung banyak anti bodi yang berbeda. Selain itu kandungan air asi sangat baik untuk usus anak atau bayi sehingga sangat membantu dan baik untuk sistem pencernaan.

2. Istirahat Yang Cukup


Istirahat yang cukup  merupakan salah satu komponen penting biar kekebalan tubuh anak tetap terjaga dan tidak gampang sakit.
Saat anak mengalami flu, biasanya hal tersebut disebabkan lantaran anak mengalami kelelahan dan kurang istirahat, sehingga sistem imun menurun dan virus gampang masuk.
Usahakan anak untuk istirahat lebih cukup. Porsi tidur untuk anak masih bayi paling anggun yaitu sekitar 18 jam. Sedangkan untuk anak balita porsi tidur yang cukup yaitu sekitar 12 jam dan sudah termasuk tidur siang.
Saat tidur, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan yaitu usahakan untuk mematikan lampu ketika tidur atau usahakan ruangan ketika tidur dalam keadaan gelap.
Ruang yang gelap ketika tidur, membantu otak untuk benar-benar istirahat serta sanggup menciptakan otak lebih cerdas.
Jauhkan alat elektronik disekitar daerah tidur, lantaran radiasi gelombang elektromagnetik berdampak jelek terhadap kesehatan.
Pastikan anak tidur dengan posisi yang teratur sehingga ketika bangkit tidur tubuh anak tdak mengalami sakit.

3. Asupan Makanan Yang Bergizi


Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak yaitu dengan asupan masakan yang bergizi. Asupan masakan yang dikonsumsi anak mempengaruhi sistem imun pada tubuh. Terdapat beberapa masakan yang sanggup meningkatkan daya tahan tubuh menyerupai sayuran hijau, biji-bijian, buah dan masih banyak lagi.

4. Banyak Tertawa


Perasaan senang merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang banyak tertawa dan selalu merasa senang dan bahagia, kekebalan tubuhnya pun cenderung baik sehingga tidak gampang sakit. Begitu pun pada anak, ajak anak untuk selalu senang dan tertawa. Lewat bermain, bercanda dan menonton film yang lucu.
Penelitian menandakan bahwa dengan menonton film lucu atau komedi, akan meningkatkan produksi sel, dimana sel tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Minum Air Putih Yang Banyak


Tahukah Anda mengkonsumsi air putih sanggup meningkatkan kesehatan tubuh? Air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh mulaii dari menyembuhkan penyakit sampai mencegah penyakit. Agar kekebalan tubuh anak Anda meningkat, usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Karena 70% tubuh kita terdiri dari cairan sehingga air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup sanggup mencegah kehilangan cairan tubuh atau rasa haus. Karena kalau kekurangan cairan tubuh akan terasa lemas. Masih banyak manfaat lain dari mengkonsumsi air putih menyerupai menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, meningkatkan energi dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup sanggup menciptakan kulit menjadi halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan produktivitas, mencegah penuaan dini. Selain itu sanggup mengobati beberapa penyakit menyerupai sakit kepala atau migrain, sebagi obat demam dan mencegah demam serta baik untuk meningkatkan fungsi otak.

6. Olahraga Secara Teratur


Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk dalam meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Ajak anak Anda untuk berolah raga minimal satu kali dalam seminggu. Setiap hari ahad Anda bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bermain sambil berolah raga.

Demikianlah info kesehatan perihal 6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Anak. Semoga info ini sanggup memberi manfaat kepada anda yang memang sudah menjadi ibu dan ingin meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.
LihatTutupKomentar