[Pengertian] Biosfer - Apa itu Biosfer ?

[Pengertian] Biosfer - Apa itu Biosfer ?| Secara umum, [Pengertian] Biosfer adalah lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, & atmosfer. Menurut ilmu Biologi, [Pengertian] biosfer adalah lapisan Bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan bumi. Menurut Ilmu Geografi, [Pengertian] lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Secara etimologi, Istilah biosfer berasal dari dua kata yaitu bio yang berarti makhluk hidup & sphere yang berarti lapisan. Jadi biosfer merupakan lapisan kehidupan (flora & fauna). 

Dalam [Pengertian] luas menurut Geofisiologi, Biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup & hubungan antarmereka, termasuk interaksi dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), & atmosfer (udara) Bumi.  Biosfer diperkirakan telah berlangsung di bumi selama 3,5 milliar tahun dari 4,5 milliar tahun usi bumi. 

[Pengertian] Biosfer Menurut Para Ahli 
  • Eduard Suess - Menurut Eduard Sues seorang ahli geoglogi di austria tahun 1875 yang mengatakan bahwa [Pengertian] biosfer adalah tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam. 
  • James Lovelock - Menurut James Lovelock, [Pengertian] biosfer adalah sebuah organisme hidup, yang hidsebut sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia menjelaskan bagaimana faktor abiotik & biotik berinteraksi dalam lingkungan. 
  • Vladimir wanouich veinadsky - Biosfer adalah sebuah sistem terbuka & berkembang sejak dimulainya sejarah bumi. 
  • Jhon Wiley - Menurut Jhon Wiley, [Pengertian] biosfer adalah zona dari planet bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah. 
  • Michael Allaby - Menurutnya, [Pengertian] biosfer adlaah bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan & mereka berinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet. 
Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup 

  • Protoplasma, adalah zat hidup dalam sel & terdiri dari senyawa organik kompleks seperti protein, lemak, & sejenisnya. 
  • Sel, adalah satuan dasar organisme yang terdiri dari protoplasma & inti yang terdapat di membran. 
  • Jaringan, ialah kumpulan sel yang mempunyai bentuk & fungsi yang sama, seperti jaringan otot.  
  • Organ, yaitu bagian suatu organisme dengan fungsi tertentu, seperti kaki atau telinga pada hewan, & manusia, daun atau akar pada tumbuhan.  
  • Sistem Organ, adalah kerja sama antara struktural & fungsional yang harmonis, seperti kerja sama antara mata & telinga, antara daun & batang pada tumbuhan.  
  • Organisme, ialah makhlukh hidup. 
  • Populasi, adalah kelompok organisme sejenis yang hidup & berkembang biak di suatu daerah tertentu. Seperti populasi manusia di jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi badak di Ujung Kulon. 
  • Komunitas, adalah semua populasi dari berbagai jenis yang berada di suatu daerah tertentu. 
  • Ekosistem, adalah tatanan kesatuan secara utuh & menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 

Baca Juga: 

[Pengertian] Hidrologi & Siklus Hidrologi
[Pengertian] Litosfer - Apa itu Listosfer ?
[Pengertian] Hidrosfer - Apa itu Hidrosfer ? 
Objek Permasalahan Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Penyebaran Flora di Indonesia
Penyebaran Fauna di Indonesia
[Pengertian] Ekosistem & Komponen-Komponennya
Macam-Macam Ekosistem Perairan (Akuatik)
Macam-Macam Ekosistem Darat & Ciri-Cirinya
Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis & Ekosistem

 lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer [Pengertian] Biosfer - Apa itu Biosfer ?

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Biosfer - Apa itu Biosfer ?. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua, baik itu [Pengertian] biosfer, [Pengertian] biosfer menurut ilmu biologi, [Pengertian] biosfer menurut ilmu geografi, [Pengertian] biosfer menurut ilmu geofisiologi, [Pengertian] biosfer menurut para ahli, tingkatan organisasi makhluk hidup. Sekian & terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman." 
LihatTutupKomentar