[Pengertian] Surat Pembaca beserta Contohnya

Surat pembaca adalah surat yang berisi kritikan, masukan, ucapan terima kasih, imbauan & sebagainya kepada pihak lain. Surat pembaca digolongkan kedalam surat pribadi karna selain ditulis secara pribadi. Surat pembaca biasanya dimuat di surat kabar atau majalah.
 imbauan & sebagainya kepada pihak lain [Pengertian] Surat Pembaca beserta Contohnya
Surat Pembaca

Surat pembaca umumnya berjumlah sekitar tiga hingga lima paragraf. Isi dari surat pembaca sebaiknya dibuat sejelas mungkin, tidak bertele-tele agar tidak membingungkan pembaca kelak.

Dalam penulisannya sama halnya dengan bentuk surat pribadi, tetapi bahasanya lebih formal. Masalah yang disampaikan harus singkat, padat, & jelas. Selain itu harus serta disertai fakta yang jelas, seperti hari, tanggal, & waktunya.

Sistematika surat pembaca, minimal ada judul, permasalahan, harapan, nama & alamat pengirim. Hal-hal pokok yang ada dalam surat pembaca, menyangkut jawaban dari apa, dimana, kapan, siapa, mengapa & bagaimana (Adik Simba). Surat pembaca harus disertai dengan data diri & tanda pengenal yang masih berlaku.

Contoh Surat pembaca

Salah satu pengguna jalan Pasteur Bandung merasa kesulitan bila hendak menyebrang. Dikarenakan volume kendaraan yang padat & tidak pernah sepi ditambah lagi laju kendaraan rata-rata cepat. Salah satu usaha penanganannya adalah menulis surat pembaca dengan harapan dibuatkan jembatan penyebrangan.

Pembahasan :

Surat pembaca tersebut berisi curahan hati seorang yang kesulitan menyebrang karena volume kendaraan yang padat & laju kendaraan yang cepat. Selain itu, penulis mengusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan dibuatkan jembatan penyebrangan.

Demikianlah materi singkat tentang surat pembaca yang meliputi [Pengertian] surat pembaca & contoh surat pembaca. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Baca Juga : Materi Surat Pribadi & Contoh dalam Soal UN

Sumber - SUN sukses ujian nasional pemantapan materi Bahasa Indonesia SMP/MTs, dafa bintang reksa.
LihatTutupKomentar