[Pengertian] Budaya Organisasi, Fungsi, Contoh, & Teorinya

[Pengertian] Budaya Organisasi, Fungsi, Contoh, & Teorinya|Secara Umum, [Pengertian] Budaya Organisasi adalah sebuah karakteristik yang dijunjung tinggi oleh organisasi & menjadi panutan organisasi sebagai pembeda antara satu organisasi dengan organisasi yang lain. atau budaya organisasi juga diartikan sebagai nilai-nilai & norma perilaku yang diterima & dipahami secara bersama oleh anggota organisasi sebagai dasar dalam aturan perilaku yang terdapat dalam organisasi tersebut. 

Asal muasal budaya organisasi bersumber dari pendirinya karena pendiri dari organisasi tersebut memiliki pengaruh besar akan budaya awal organsiasi baik dalam hal kebiasaan atau ideologi. Contohnya misi yang dapat ia paksakan pada seluruh anggota organsiasi. Dimana hal ini dilakukan dengan pertama merekrut & mempertahankan anggota yang sepaham. Kedua, melakukan indokrinasi & mensosialisasikan cara pikir  & berperilaku kepada karyawan. Lalu yang terakhir adalah pendiri bertindak sebagai model peran yang mendorong anggota untuk mengidentifikasi diri, & jika organisasi mengalami kemajuan maka organisasi akan mencapai kesuksesan, visi, & pendiri akan dilihat sebagai faktor penentu utama keberhasilan.  

[Pengertian] Budaya Organisasi Menurut Para Ahli 
  • Susanto - [Pengertian] budaya organisasi menurut susanto adalah nilai-nilai yang menjadi Pedomansumber daya manusia untuk menghadapi permasalahan eksternal & usaha penyesuaian integrasi ke dalam perusahaan sehingga masing-masing anggota organisasi harus memahami nilai-nilai yang ada & sebagaimana mereka harus bertingkah laku atau berperilaku.
  • Robbins - Budaya organisasi menurut Robbins adalah suatu sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggota yang membedakan organisasi tersebut dengan yang lain.
  • Gareth R. Jones - Definisi budaya organisasi menurut Gareth R. Jones adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi, suatu sistem dari makna bersama.
  • Walter R. Freytag - [Pengertian] budaya organisasi menurut Walter R. Freytag bahwa budaya organisasi adalah asumsi-asumsi & nilai-nilai yang disadari atau tidak disadari yang mampu mengikat kepaduan suatu organisasi. Asumsi & nilai tersebut menentukan pola perilaku para anggota di dalam organisasi.
  • Larissa A. Grunig, et.al., - Menurut Larissa A. Grunig, et. al., bahwa budaya organisasi adalah totalitas nilai, simbol, makna, asumsi, & harapan yang mampu mengorganisasikan suatu kelompok yang bekerja secara bersama-sama.
  • Lathans (1998) - Budaya organisasi menurut Lathans (1998) adalah norma-norma & nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota organisasi. Setiap anggota organisasi akan berperilaku sesuai dengan budaya yang berlaku agar diterima oleh lingkungannya. 
  • Sarpin (1995) - [Pengertian] budaya organisasi menurut sarpin adalah suatu sistem nilai, kepercayaan & kebiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur system formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku organisasi. 
  • Schein - Menurut Schein, [Pengertian] budaya organisasi adalah suatu pola dari asumsi-asumsi dasar yang ditemukan, diciptakan atau dikembangkan oleh suatu kelompok tertentu, dengan maksud agar organisasi elajar mengatasi & menganggulangi masalah-masalah yang timbul akibat adaptasi eksternal & integrasi internal yang sudah berjalan dengan cukup baik, sehingga perlu diajarkan kepada anggota-anggota baru sebagai cara yang benar untuk memahami, memikirkan & merasakan berkanaan dengan masalah-masalah tersebut.
  • Mondy & Noe (1996) - Menurutnya budaya organisasi adalah system dari shared values, keyakinan & kebiasaan-kebiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur formalnya untuk menciptakan norma-norma perilaku.
  • Hodge, Anthony & Gales (1996):  Budaya organisasi menurut mereka adalah konstruksi dari dua tingkat karakteristik, yaitu karakteristik organisasi yang kelihatan (observable) & yang tidak kelihatan (unoservable).
Fungsi Budaya Organisasi 
1. Perasaan Identitas & Menambah Komitmen Organisasi
2. Alat pengorganisasian anggota 
3. Menguatkan nila-nilai dalam organisasi 
4. Mekanisme kontrol perilaku 
5. Mendorong & meningkatkan kinerja ekonomi baik dalam jangka pendek & panjang. 
6. Penentu arah organisasi mana yang boleh & yang tidak boleh.  

Fungsi Budaya Organisasi Menurut Para Ahli
Fungsi budaya pada umumnya sukar dibedakan dengan fungsi budaya kelompok atau budaya organisasi, karena budaya merupakan gejala sosial. Menurut Ndraha (1997 - 21) ada beberapa fungsi budaya, yaitu :
1. Sebagai identitas & citra suatu masyarakat
2. Sebagai pengikat suatu masyarakat
3. Sebagai sumber
4. Sebagai kekuatan penggerak
5. Sebagai kemampuan untuk membentuk nilai tambah
6. Sebagai pola perilaku
7. Sebagai warisan
8. Sebagai pengganti formalisasi
9. Sebagai mekanisme adaptasi terhadap perubahan
10.  Sebagai proses yang menjadikan bangsa kongruen dengan negara sehingga terbentuk nation – state

Sedangkan menurut Robbins (1999:294) fungsi budaya didalam sebuah organisasi adalah :
1.  Budaya mempunyai suatu peran menetapkan tapal batas
2.  Budaya berarti identitas bagi suatu anggota organisasi
3.  Budaya mempermudah timbulnya komitmen
4.  Budaya meningkatkan kemantapan sistem social

& menurut pendapat Siagian (1992:153) mencatat lima fungsi penting budaya organisasi, yaitu:
1. Sebagai penentu batas-batas perilaku dalam arti menentukan apa yang boleh & tidak boleh dilakukan, apa yang dipandang baik atau tidak baik, menentukan yang benar & yang salah.
2. Menumbuhkan jati diri suatu organisasi & para anggotanya.
3. Menumbuhkan komitmen sepada kepentingan bersama di atas kepentingan individual atau kelompok sendiri.
4. Sebagai tali pengikat bagi seluruh anggota organisasi
5. Sebagai alat pengendali perilaku para anggota organisasi yang bersangkutan.

Menurut pendapat Beach (Horrison, 1972) mencatat tujuh fungsi penting budaya organisasi, yaitu : 
1. Menentukan hal penting yang mendasari organisasi ,standar keberhasilan & kegagalan harus bias diukur.
2. Menjelaskan bagaiman sumber-sumber organiosasi digunakan & untuk kepentingan apa.
3. Menciptakan apa organisasi & anggotanya dapat mengharap satu sama lain.
4. Membuat beberapa metode pengontrolan perilaku dalam keabsahan organisasi & membuat yang lain tidak abash yaitu menentukan dimana kekuasaan terletek dalam organisasi & bagaimana menggunakannya.

Karakteristik atau Ciri2 Budaya Organisasi 
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat tujuh karakteristik utama yang secara keseluruhan yaitu sebagai berikut.. 
1. Innovation and Risk Talking (Inovasi & pengambilan resiko), adalah suatu tingkatan dimana pekerja didorong untuk menjadi inovatif & mengambil resiko 
2. Attention to Detail (Perhatian pada hal-hal detail), dimana pekerja diharakan menunjukkan ketepatan, alaisis, & perhatian pada hal detail. 
3. Outcome Oritentation (Orientasi pada manfaat), yang mana manajemen memfokuskan pada hasil atau manfaat dari yang tidak hanya sekedar teknik & proses untuk mendapatkan manfaat tersebut. 
4. People Orientation (Orientasi pada orang), dimana keputusan manajemen mempertimbangkan pengaruh manfaatnya pada orang dalam organisasi.
5. Team Orientation (Orientasi pada tim), dimana aktivitas kerja di organisasi berdasar tim daripada individual 
6. Aggresiveness (Agresivitas), dimana orang cenderung lebih agresif & kompetitif daripada easygoing,
7. Stability (Stabilitas), yang mana aktivitas organisasional tersebut menekankan pada menjaga status quo sebagai lawan dari pada perkembangan. 

Contoh-Contoh Budaya Organisasi 
1. Kerapian Administrasi
Budaya organisasi dalam hal keraian administrasi, merupakan yang harus dihidupkan dalam organisasi, baik itu surat-menyurat, keuangan, pendapatan karyawan, barang masuk/keluar, & sebagianya yang membantu dalam kinerja organisasi. 
2. Pembagian Wewenang Yang Jelas
Hal ini merupakan kunci yang dapat menentukan keberhasilkan akan kinerja dalam perusahaan. Tanpa adanya pembagian wewenang kinerja mungkin para anggota atau karyawan dalam perusahaan tersebut akan kebingungan mana yang dijalankan & mana yang tidak. 
3. Kedisiplinan 
Kedisiplinan merupakan budaya organisasi yang melekat dimana pun berada. Dimana disiplin merupakan karakter dari orang-orang sukses yang dapat menghargai waktu. 
4. Inovasi 
Budaya organisasi biasanya akan mendorong anggota team untuk melahirkan suatu ide-ide kreatif & inovasi baru untuk tujuan organisasi yaitu kemajuan organisasi.

Teori-Teori Budaya Organisasi
Sebuah teori komunikasi mengenai semua simbol komunikasi seperti tindakan, rutinitas, & percakapan & makna yang dilekatkan pada simbol tersebut. Konteks perusahaan, budaya organisasi dianggap sebagai salah satu strategi dari perusahaan dalam meraih tujuan serta kekuasaan. Teori budaya organisasi ini memiliki beberapa asumsi dasar yakni sebagai berikut..
1. Anggota-anggota organisasi menciptakan & mempertahankan perasaan yang dimiliki bersama akan suatu realitas organisasi, yang berakibat akan suatu pemahaman yang lebih baik terhadap nilai-nilai sebuah organisasi. Inti dari asumsi ini adalah nilai yang dimiliki organisasi. Nilai merupakan standard & prinsip-prinsip yang terdapat dalam sebuah budaya. 
2. Penggunaan & interpretasi simbol yang sangat penting dalam budaya organisasi. Disaat seseorang memahami simbol tersebut, maka seseorang akan mampu bertindak menurut budaya dari organisasinya. 
3. Budaya bervariasi dalam organisasi-organisasi yang berbeda, & interpretasi tindakan dalam budaya ini juga bervariasi. Dimana setiap organisasi memiliki budaya yang berbeda-beda & setiap individu dalam organisasi tersebut memiliki penafsiran budaya dengan berbeda. Biasanya, perbedaan budaya dalam organisasi justru menjadi kekuatan dari organisasi sejenis lainnya. 

Baca Juga:


 sebuah karakteristik yang dijunjung tinggi oleh organisasi & menjadi panutan organisasi [Pengertian] Budaya Organisasi, Fungsi, Contoh, & Teorinya

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Budaya Organisasi, Fungsi, Contoh, & Teorinya. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat baik itu [Pengertian] budaya organisasi, [Pengertian] budaya organisasi menurut para ahli, fungsi budaya organisasi, contoh budaya organisasi, teori-teori budaya organisasi. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Referensi - [Pengertian] Budaya Organisasi, Fungsi, Contoh, & Teorinya
  • Sutrisno, Mudji & Putranto, Hendar. Teori-Teori Kebudayaan. Jakarta - Kanisius. Hal 148
  •  Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar & Aplikasinya, Jakarta - PT Raja Grafindo Persad
  • Wahab, Abdul Azis, Anatomi organisasi & Kepemimpinan Pendidikan, Bandung:, penerbit Alfabeta, 2008
LihatTutupKomentar