[Pengertian] Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi & Menurut Para Ahli

[Pengertian] Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi & Menurut Para Ahli|Secara Umum, [Pengertian] Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) & software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, [Pengertian] Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras & perangkat lunak dalam mendukung & meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat & berkualitas.

Sedangkan menurut Wikipedia, bahwa [Pengertian] teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan & menyebarkan informasi. Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas & efisiensi dalam aktivitas manusia.

[Pengertian] Teknologi Informasi (IT) Menurut Para Ahli

  • Haag & Keen (1996): [Pengertian] teknologi informasi menurut Haag & Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi & melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Oxford English Dictonary (OED) - [Pengertian] teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware & software & bisa termasuk di dalamnya jaringan & telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
  • Williams & Sawyer (2003) - Menurut williams & sawyer, bahwa [Pengertian] teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, & video.
  • Martin (1999) - Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras & perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses & menyimpan informasi, melainkan mencaku teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi (IT) - Ada enam fungsi Teknologi Informasi antara lain sebagai berikut..
1. Menangkap (Capture)
2. Mengolah (Processing); Mengolah/memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi (analisis), perhitungan (kalkulasi), penggabungan (sintetis), segalah bentuk data & informasi.
3. Menghasilkan (Generating); Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Contohnya laporan, grafik, tabel & sebagainya. 
4. Menyimpan (Store); Merekam atau menyimpan data & informasi ke dalam suatu media untuk keperluan lainnya. Contohnya disket, hardisk, tape, compact disk & sebagainya.
5. Mencari kembali (Retrival); Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data & informasi yang telah tersimpan, contohnya spplier yang sudah lunas, & sebagainya.
6. Transmisi (Transmission); Mengirim data & informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan melalui jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan ke user A ke user lainnya, & sebagainya.

Baca Juga:

[Pengertian] Internet, Fungsi, Manfaat, & Sejarah Internet
Dampak Positif Internet & Dampak Negatif Internet
Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia
[Pengertian] Hardware, Software, & Brainware
[Pengertian] Komunikasi, Tujuan, Fungsi, & Syarat-Syaratnya

 dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer [Pengertian] Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi & Menurut Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] teknologi informasi, tujuan teknologi informasi, fungsi teknologi informasi, sejarah perkembangan teknologi informasi, & [Pengertian] teknologi informasi menurut para ahli. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi - [Pengertian] Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi & Menurut Para Ahli
  • Teknologi Informasi & Komunikasi Perlu Landasan Hukum, Tempo Interaktif, Sabtu, 04 Desember 2004
  • Wahyudi, J.B. Teknologi Informasi & Produksi Citra Bergerak, Jakarta, 1992.
  • Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Bumi Aksara - Jakarta.
  • Tanudikusumah, Prof. Dr. R. Djajusman, Citra Komunikasi, Jakarta, 1984.
LihatTutupKomentar