[Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli

[Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli| Banyak pendapat para ahli yang mendefinisikan [Pengertian] konstitusi dimana telah dibahas [Pengertian] Tujuan, Fungsi & Macam2 Konstitusi. Namun, mari kita mengulang pembahasan sebelumnya tentang [Pengertian] Konstitusi dimana [Pengertian] konstitusi adalah suatu naskah atau dokumen yang didalamnya memuat keseluruhan peraturan-peraturan dasar tentang penyelenggaraan ketatanegaraan dalam suatu negara. Sebelum membahas [Pengertian] konstitusi menurut definisi para ahli mari kita lihat pembagian [Pengertian] konstitusi yaitu [Pengertian] konstitusi dalam arti luas & [Pengertian] konstitusi dalam arti sempit.

[Pengertian] konstitusi dalam arti luas adalah keseluruhan dari ketentuan-ketentuan dasar atau hukum dasar (menurut Bolingbroke), Sedangkan [Pengertian] konstitusi dalam arti sempit adalah piagam dasar atau UUD, yaitu suatu dokumen lengkap mengenai peraturan-peraturan dasar negara (menurut Lord Bryce). 

[Pengertian] konstitusi secara etimologi yang berasal dari bahasa latin "constitutio, constituere" yang artinya membentuk. Istilah konstitusi pada zaman dahulu yang digunakan oleh kaisar romawi untuk perintah-perintah yang diketahui constitution principum. sedangkan di italia istilah konstitusi menunjukkan undang-undang dasar atau "Diritto Constitutionale" dan dalam bahasa belanda disebut Grondwet. Dalam kelengkapan konstitusi yang menggambarkan ketatanegaraan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan untuk membentuk, mengatur atau memerintah negara. 

[Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli - [Pengertian] konstitusi tidak dapat dirumuskan secara pasti karena setiap ahli merumuskan pengertiannya menurut cara pandangnya masing-masing. [Pengertian] konstitusi menurut definisi menurut para ahli adalah sebagai berikut.. 
  • Choirul Anwar - [Pengertian] konstitusi menurut definisi Choirul anwar yang mengatakan bahwa [Pengertian] konstitusi adalah fundamental law tentang pemerintahan suatu negara & nilai-nilai fundamentalnya.
  • Bolingbroke - [Pengertian] konstitusi menurut definisi Bolong broke yang mengatakan bahwa konstitusi adalah kumpulan hukum, lembaga, & kebiasaan yang berasal dari prinsip-prinsip tertentu yang menyusun sistem umum & masyarakat setuju untuk diperintah menurut sistem itu. 
  • Paul B. Barthollomew - Konstitusi menurut definisi Paul B. Barthollomew yang mengatakan bahwa konstitusi adalah seperangkat hukum-hukum fundamental & prinsip-prinsip yang mengatur bagaimana sebuah pemerintah politis dijalankan. 
  • Sri Soemantri - Menurut pendapat sri soemantri bahwa [Pengertian] konstitusi adalah suatu naskah yang memuat suatu bangunan negara & sendi-sendi Sistem Pemerintahan negara. 
  • Herman Finer - [Pengertian] konstitusi menurut Herman finer dalam buku Theory and Pratice of Modern Government, menamakan Undang-Undang Dasar sebagai "riwayat hidup suatu hubungan kekuasaan". 
  • E.C.S. Wade - Menurut E.C.S, bahwa [Pengertian] konstitusi adalah suatu naskah yang memaparkan rangka & tugas-tugas pokok dari badan-badan pemerintahan suatu negara & menentukan pokok-pokok cara kerja badan-badan tersebut. 
  • Prof. G.J. Wolholf - Konstitusi adalah undang-undang yang tertinggi dalam negara, yang memuat dasar-dasar seluruh sistem hukum dalam negara itu. 
  • K.C. Wheare F.B.E. - Istilah konstitusi pada umumnya dipergunakan untuk menunjuk pada seluruh peraturan mengenai ketatanegaraan suatu negara yang secara keseluruhan akan menggambarkan sistem ketatanegaraan.
  • Prof. Miriam Budiarjo - Menurut Prof. Miriam Budiarjo dalam pendapatnya tentang [Pengertian] konstitusi yang mengatakan bahwa [Pengertian] konstitusi adalah keseluruhan peraturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana suatu pemerintah diselenggarakan dalam suatu masyarakat. 
Sesungguhnya, [Pengertian] konstitusi berbeda dengan Undang-Undang dasar. Hal tersebut dapat dikaji dari pendapat L.J. Apeldoorn & Herman heller. Menurut L.J.Apeldoornm, konstitusi tidaklah sama dengan UUD. Undang-undang dasar adalah hukum yang tertulis sedangkan konstitusi memuat hukum dasar yang tertulis yang juga mencakup hukum dasar yang tidak tertulis.

Baca Juga : 


[Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli [Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli
"[Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli"
Demikianlah artikel seputar [Pengertian] Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli. Semoga teman-teman menerima & dapat bermanfaat bagi anda semua. 
LihatTutupKomentar