[Pengertian] Kromosom

Kromosom adalah struktur DNA, protein, & RNA yang ditemukan di dalam sel. Kromosom terdiri dari benang-benang halus yang mulai tampak pada waktu sel mulai mempersiapkan diri untuk membelah. Kromosom berasal dari bahasa Yunani chroma yang berarti “warna” & soma yang berarti “badan”. Nama ini pertama kali digunakan oleh W. Waldeyer pada tahun 1888.

Kromosom juga merupakan bagian inti sel yang membawa & menentukan sifat-sifat yang akan diturunkan dalam individu organisme yang bersangkutan. Kromosom berisi segala hal yang mencirikhaskan setiap makhluk hidup.

Dalam prokariota, atau sel-sel tanpa inti, kromosom hanyalah lingkaran DNA. Pada eukariota, atau sel dengan inti yang berbeda, kromosom jauh lebih kompleks dalam struktur.

Kromosom merupakan benda-benda yang halus berbentuk lurus seperti batang atau bengkok yang berada di dalam nukleus. Kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu sentromer / kinekthor yang merupakan pusat kromosom berbentuk bulat & lengan kromosom yang mengandung kromonema & gen berjumlah dua buah (sepasang). Karena dapat menyerap warna dengan jelas, maka dapa diamati di bawah mikroskop. Zat penyusun kromosom disebut kromatin & merupakan jalinan benang-benang halus dalam plasma inti. Setiap akhir kromosom dibatasi oleh telomer, serangkaian DNA berulang yang melindungi kromosom dari kerusakan.


Sumber:
1. Tetap Semangat! - Materi Pelajaran

LihatTutupKomentar