[Pengertian] Gizi & Zat Gizi

[Pengertian] Gizi & Zat Gizi| Hai teman-teman kali ini membahas seputar Gizi seputar [Pengertian] gizi, macam-macam zat gizi, fungsi & manfaat gizi. Pembahasan pertama seputar [Pengertian] Gizi menurut beberapa definisi ahli mengenai [Pengertian] gizi dimana kami menyimpulkan bahwa [Pengertian] Gizi adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan & memperbaiki jaringan tubuh. [Pengertian] Gizi adalah dimana gizi berasal dari bahasa mesir yang berarti "Makanan".

Gizi adalah terjemahan dari kata "Nutrition" yang disebut sebagai nutrisi. Gizi juga dapat artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap makanan yang masuk dalam tubuh yang dapat mempertahankan tubuh tetap sehat. Para ahli yang mempelajari tentang Gizi disebut sebagai Ilmu Gizi. [Pengertian] Ilmu Gizi adalah ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada makanan & penggunanya dalam tubuh yang meliputi masukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transpor), metabolisme, interaksi, & penyimpanan serta pengeluaran, semua hal ini merupakan proses zat gizi pada tubuh.

[Pengertian] Zat Gizi atau Nutrisi adalah zat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan & perkembangan yang dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh yang meliputi protein, vitamin, mineral, lemak & air. Zat gizi diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan. Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik & zat gizi anorganik. Zat -zat gizi organik seperti lemak, vitamin, karbohidrat, & protein. Sedangkan zat gizi anorganik adalah terdiri dari air & mineral. & tidak itu saja Zat Gizi dikelompokkan atas beberapa macam seperti macam-macam zat gizi berdasarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya, & berdasarkan fungsinya.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya
  • Nabati - nabati adalah sumber zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan 
  • Hewani - hewani adalah zat gizi yang berasal dari hewan 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya 
  • Zat Gizi Makro atau Makronutrisi - [Pengertian] makronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Yang termasuk zat gizi makro atau makronutrisi adalah protein, karbohidrat, & lemak. 
  • Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi - [Pengertian] mikronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kecil. yang termasuk zat gizi mikro adalah air, vitamin & mineral. 
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya 
  • Sumber Energi Bagi Tubuh - maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein & karbohidrat. 
  • Pembangun & Penjaga Tubuh - maksud dari pembangun & penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti mineral, protein, vitamin & lemak. 
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh - maksud dari pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang ada dalam tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti air, lemak, protein & mineral 
Fungsi Zat Gizi- Zat Gizi atau nutrisi memiliki fungsi bagi tubuh kita. Fungsi zat gizi adalah sebagai berikut. 
  • Sebagai sumber energi 
  • Memperbaiki sel-sel rusak 
  • Sebagai sumber pertumbuhan & perkembangan 
  • Mempertahankan fungsi pada organ tubuh 
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme 
  • Pengatur & pendukung dari proses metabolisme
  • Membentuk sel-sel pada jaringan tubuh
[Pengertian] Gizi Menurut Pendapat Para Ahli - [Pengertian] gizi menurut Tuti Sunardi, yang mengatakan bahwa [Pengertian] gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mempertahankan kehidupan. [Pengertian] gizi menurut Lioni Ellis H, yang mengatakan bahwa [Pengertian] gizi adalah komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh & berkembang. [Pengertian] gizi menurut Harry Oxorn & William R. Forte yang mengemukakan tentang [Pengertian] gizi yang berarti gizi memiliki [Pengertian] yang luas bukan hanya Jenis2 pangan & gunanya bagi badan melainkan juga mengenal cara-Cara Memperoleh serta mengolah & mempertimbangkan agar kita tetap sehat. [Pengertian] gizi menurut Chairinniza K. Graha adalah unsur yang terkandung dalam makanan dimana unsur-unsur dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.
teman kali ini membahas seputar Gizi seputar [Pengertian] gizi [Pengertian] Gizi & Zat Gizi
"[Pengertian] Gizi & Zat Gizi"
Demikianlah pembahasan [Pengertian] Gizi & Zat Gizi, semoga teman-teman menerima artikel [Pengertian] Gizi & Zat Gizi dengan point-point seputar [Pengertian] gizi, [Pengertian] zat gizi, macam-macam zat gizi & [Pengertian] gizi menurut para ahli, & semoga artikel ini juga bermanfaat bagi teman-teman. Amin & "Salam Berbagi Teman-Teman".
LihatTutupKomentar