[Pengertian] Kurikulum, Fungsi & Komponennya.

[Pengertian] Kurikulum, Fungsi, Tujuan & Komponennya| Banyak para ahli yang mendefinisikan [Pengertian] kurikulum. Ada juga fungsi & komponennya yang mungkin teman-teman belum mengetahuinya. Dalam [Pengertian] kurikulum. Secara umum, [Pengertian] kurikulum adalah seperangkat atau sistem rencana & pengaturan mengenai isi & bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Secara etimologis, kurikulum berasal dari istilah curriculum dimana dalam bahasa inggris, kurikulum adalah rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin yaitu currere, kata currere memiliki banyak arti yaitu berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani & berusaha untuk.

Dalam bahasa arab, kurikulum disebut dengan manhaj yang berarti jalan yang dilalui manusia pada berbagai bidang kehidupan, dalam [Pengertian] kurikulum pendidikan bahasa arab yang dikenal dengan istilah manhaj al-dirasah yang jika dilihat artinya pada kamus tarbiyah adalah seperangkat perencanaan & media yang dijadikan sebagai acuan lembaga pendidikan untuk mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan. Dalam [Pengertian] kurikulum, para ahli mengemukakan pendapatnya dalam memberikan gambaran berupa definisi-definisi [Pengertian] kurikulum seperti yang dapat dilihat dibawah ini..

[Pengertian] Kurikulum Menurut Definisi Para Ahli - [Pengertian] kurikulum menurut definisi Kerr, J.F (1968) adalah semua pembelajaran yang dirancang & dilaksanakan secara individu ataupun berkelompok, baik disekolah maupun diluar sekolah. [Pengertian] kurikulum menurut definisi Inlow (1966), mengemukakan pendapatnya bahwa [Pengertian] kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang khusus oleh pihak sekolah guna membimbing murid untuk memperoleh hasil dari pembelajaran yang sudah ditentukan. Menurut definisi Neagley & Evans (1967), [Pengertian] kurikulum adalah semua pengalaman yang telah dirancang oleh pihak sekolah. Menurut pendapat Beauchamp (1968), [Pengertian] kurikulum adalah dokumen tertulis yang kandungannya berisi mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari. [Pengertian] kurikulum menurut definisi Good V.Carter (1973), mengemukakan pendapatnya bahwa [Pengertian] kurikulum adalah kumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik. Menurut UU No. 20 Tahun 2003, [Pengertian] kurikulum adalah seperangkat rencana & pengaturan mengenai tujuan, isi & bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai Pedomanpenyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. [Pengertian] kurikulum menurut definisi Murray Print yang mengemukakan pendapatnya bahwa [Pengertian] kurikulum adalah sebuah ruang pembelajaran yang terencana, yang diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan & pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua siswa pada saat kurikulum diterapkan.

Dari [Pengertian] Kurikulum & [Pengertian] kurikulum menurut definisi para ahli dapat disimpulkan bahwa dari penjelasan diatas tentang [Pengertian] kurikulum sangatlah fundamental yang menggambarkan fungsi kurikulum yang sesungguhnya dalam sebuah proses pendidikan. Dalam perkembangannya, sejarah Indonesia mengenai kurikulum telah berganti-ganti antara lain sebagai berikut..
  • Tahun 1947- Leer Plan (Rencana Pelajaran) 
  • Tahun 1952 - Rencana Pelajaran Terurai 
  • Tahun 1964 - Renthjana Pendidikan 
  • Tahun 1968 - Kurikulum 1968
  • Tahun 1975 - Kurikulum 1975
  • Tahun 1984 - Kurikulum 1984
  • Tahun 1994 - & Kurikulum 1999 - Kurikulum 1994 & Sublemen Kurikulum 1999
  • Tahun 2004- Kurikulum Berbasis Kompetensi 
  • Tahun 2006- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 
  • Tahun 2013- Kurikulum 2013. 
Fungsi Kurikulum - Kurikulum sebagai alat dalam pendidikan memiliki berbagai macam fungsi dalam pendidikan yang sangat berperan dalam kegunannya. Fungsi Kurikulum adalah sebagai berikut..
  • Fungsi Penyesuaian (the adjustive or adaptive function) : Kurikulum berfungsi sebagai penyesuain adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dilingkungannya karna lingkungan bersifat dinamis artinya dapat berubah-ubah. 
  • Fungsi Integrasi (the integrating function) - Kurikulum berfungsi sebagai penyesuain mengandung makna bahwa kurikulum merupakan alat pendidikan yang mampu menghasilkan pribadi-pribadi yang utut yang dapat dibutuhkan & berintegrasi di masyarakat. 
  • Fungsi Diferensiasi (the diferentiating function) : Kurikulum berfungsi sebagai diferensiansi adalah sebagai alat yang memberikan pelayanan dari berbagai perbedaan disetiap siswa yang harus dihargai & dilayani. 
  • Fungsi Persiapan (the propaeduetic function) : Kurikulum berfungsi sebagai persiapan yang mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan mampu mempersiapkan siswa kejenjang selanjutnya & juga dapat mempersiapkan diri dapat hidup dalam masyarakat, jika tidak melanjukan pendidikan.
  • Fungsi Pemilihan (the selective function) : Kurikulum berfungsi sebagai pemilihan adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk menentukan pilihan program belajar yang sesuai dengan minat & bakatnya. 
  • Fungsi Diagnostik (the diagnostic function) : Kurikulum sebagai diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum adalah alat pendidikan yang mampu mengarahkan & memahami potensi siswa serta kelemahan dalam dirinya. Jika telah memahami potensi & mengetahui kelemahannya, maka diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi & memperbaiki kelemahannya. 
Komponen Kurikulum - Kurikulum mempunyai 4 unsur komponen yang membentuk/penyusun kurikulum. 4 Unsur komponen kurikulum adalah sebagai berikut.. 
a. Komponen Tujuan 
Kurikulum merupakan suatu sistem pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan karna berhasil atau tidaknya sistem pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan-tujuan yang tercapai. Tujuan pendidikan menurut permendiknas No. 22 Tahun 2007 pada tingkat satuan pendidikan dasar & menengah adalah sebagai berikut. 
  • Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, & keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya.
  • Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya
  • Tujuan pendidikan menengah kejurusan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya sesuai kejurusan 
  • Tujuan pendidikan institusional adalah tujuan pendidikan yang dikembangkan di kurikuler dalam setiap mata pelajaran disekolah. 
b. Komponen Isi (Bahan pengajaran) 
Kurikulum dalam komponen isi adalah suatu yang diberikan kepada anak didik untuk bahan belajar mengajar guna mencapai tujuan. Kurikulum memiliki kriteria yang membantu perencanaan pada kurikulum. Kriteria kurikulum adalah sebagai berikut.
  • Sesuai, tepat & bermakna bagi perkembangan siswa
  • Mencerminkan kenyataan sosial
  • Mengandung pengetahuan ilmiah yang tahan uji
  • Menunjang tercapainya tujuan pendidikan
c. Komponen Strategi 
Kurikulum sebagai komponen strategi yang merujuk pada pendekatan & metode serta peralatan dalam proses belajar mengajar. Strategi dalam pembelajaran tergambar dari cara yang ditempuh dalam pembelajaran, mengadakan penilaian, pelaksanaan bimbingan & mengatur kegiatan baik umum maupun yang sifatnya khusus. Strategi Pelaksanaan adalah pengajaran, penilaian, bimbingan, & penyeluhan kegiatan sekolah. Tercapainya tujuan, ini diperlukan pelaksanaan yang baik dalam menghantarkan peserta didik ke tujuan tersebut yang merupakan tolak ukur dari program pembelajaran (kurikulum).

d. Komponen Evaluasi 
Komponen evaluasi dalam kurikulum adalah memeriksa tingkat ketercapaian tujuan suatu kurikulum dalam proses & hasil belajar peserta didik yang memiliki peranan penting dalam memberikan keputusan dari hasil evaluasi guna dalam pengembangan model kurikulum sehingga mampu mengetahui tingkat keberhasilan suatu siswa dalam mencapai tujuannya.

Baca Juga : 
Kumpulan Contoh Teks Eksposisi
[Pengertian] Majas & Macam2 Majas serta Contohnya 
[Pengertian] Jenis, Ciri2 Struktur & Contoh Teks Ekposisi
[Pengertian] Pantun & Bentuk-Bentuk Pantun
[Pengertian] Kalimat Utama & Kalimat Penjelas 

Demikianlah informasi seputar [Pengertian] Kurikulum, Fungsi & Komponennya. Semoga teman-teman semua menerima & dapat bermanfaat dari berbagai uraian pada point-point seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu [Pengertian] kurikulum, [Pengertian] kurikulum menurut definisi para ahli, fungsi kurikulum, komponen-komponen kurikum. Sekian & Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
LihatTutupKomentar