[Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya

[Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya|Pantai & pesisir merupakan dua isitlah yang berbeda akan tetapi keduanya saling berkaitan & tidak dapat dipisahkan karena sama-sama berhubungan dengan laut sehingga kebanyakan orang sulit membedakan mana daerah pantai & mana daerah pesisir, mana yang dinamakan pantai & mana yang dinamakan pesisir, Oleh karnanya perlu kita ketahui pertama-tama kita membahas tentang [Pengertian] Pantai & [Pengertian] pesisir, Apakah [Pengertian] pantai ?? Apa [Pengertian] pesisir ??. inilah pertanyaan yang tepat dalam [Pengertian] pantai & pesisir. Dengan mengetahui [Pengertian] pantai & [Pengertian] pesisir pasti sangat mudah kita menyimpulkan perbedaan pantai & pesisir. Untuk mengetahui itu semua mari kita lihat pembahasannya dengan sebuah tema yakni  [Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya, seperti dibawah ini.

[Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya [Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya
(Pantai & Pesisir)
[Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya

A. [Pengertian] Pantai & [Pengertian] Pesisir 
[Pengertian] pantai adalah bagian daratan yang terdekat dengan laut. Perbatasan dataran dengan laut seolah-olah membentuk suatu garis yang disebut garis pantai. Keadaan & bentuk pantai berbed pada setiap tempat. Sedangkan [Pengertian] Pesisir adalah bagian permukaan bumi yang terletak antara pasang naik & pasang surut. Pada waktu pasang naik, pesisir tertutup oleh air laut & pada waktu surut nampak berupa daratan. oleh karna itu pesisir sama panjangnya dengan pantai.

B. Perbedaan Pantai & Pesisir
Perbedaan pantai & pesisir. Jika diatas dikatakan bahwa pesisir memiliki panjang yang sama dengan pantai tetapi lebar pesisir tidak sama untuk semua pantai, tergantung kepada jenis pantainya. Pada pantai-pantai yangsangat landai lebar pesisir dapat mencapai beberapa puluh meter sedangkan pada waktu surut, pesisir nampak terbentang memanjang sepanjang pantai & merupakan bentangan pasir yang indah sehingga dapat dijadikan objek wisata. Pada Pantai-pantai yang curam lebar pesisir sangat sempit karena ketika pasang naik, air laut tertahan oleh dinding pantai sehingga tidak dapat mengalir jauh ke daratan 

Sekian Pembahasan tentang [Pengertian] Pantai & Pesisir serta Perbedaannya semoga bermanfaat (Sumber - Geografi, Hal - 156, Penerbit :Erlangga. 2004. Jakarta, Penulis - P.Ginting)
LihatTutupKomentar