[Pengertian] Larutan Elektrolit & Ciri2 Larutan Elektrolit

Larutan Elektrolit - Hai teman-teman kali ini tentang pelajaran Kimia yaitu larutan elektrolit seperti tema diatas yaitu [Pengertian] larutan elektrolit & ciri-ciri larutan elektrolit. Sebelum membahas [Pengertian] larutan elektrolit, pertama-tama mari kita lihat [Pengertian] Elektrolit itu apa ? Larutan Elektrolit adalah suatu zat yang larut atau terurai dalam bentuk ion-ion dimana ion-ion tersebut dapat menghantarkan arus listrik. Jadi, [Pengertian] Larutan Eletktrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Elektrolit yang termasuk adalah asam, basa, & garam. Elektrolit merupakan senyawa yang berikatan ion & kovalen polar. Pada umumnya senyawa yang berikatan ion merupakan elektrolit, seperti ikatan ion NaCl, NaCl merupakan garam dapur dapat menjadi elektrolit dalam bentuk larutan & lelehan. atau bentuk liquid & aqueous. 

Dalam bentuk larutan Asam, basa & garam akan terurai seperti Asam akan terurai menjadi Ion Hidrogen, & ion sisa asam akan bermuatan listrik negatif, lalu pada basa terurai menjadi ion logam yang bermuatan listrik positif & ion hidroksil bermuatan listrik negatif. Sedangkan pada garam terurai menjadi Ion logam bermuatan listrik positif & ion sisa asam bermuatan listrik negatif. Pada larutan elektrolit kuat memiliki komponen zat-zat terlarut dalam kandungan ion hasil ionisasi. Jik ada dua macam larutan elektrolit yang direaksikan maka akan terjadi reaksi antara ion-ion didalamnya yang disebut dengan reaksi ion. 

Jenis-Jenis Larutan Elektrolit & Ciri-Cirinya 
Larutan elektrolit terbagi atas 3 yang memiliki ciri-ciri tersendiri seperti yang ada dibawah ini.. 
a. Larutan Elektrolit Kuat : [Pengertian] larutan elektrolit kuat adalah larutan yang menghantarkan arus listrik dengan baik Contoh Larutan Elektrolit Kuat adalah Asam Kuat (HCl, HI, HBr, H2SO4 dan Fe (OH3), Basa Kuat (NaOH, Ca(OH2), Mg(OH2), & KOH), Garam Kuat (NaCl, KCl, CuSO4, dan KNO3).

Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Kuat
  • Penghantar arus listrik kuat atau baik 
  • Terionisasi dengan sempurna 
  • Tetapan atau derajat ionisasi (a) a = 1 
  • Jika diuji, larutan elektrolit kuat memiliki nyala lampu yang terang & muncul gelembung gas yang banyak
b. Larutan Elektrolit Lemah : [Pengertian] larutan elektrolit lemah adalah larutan yang kurang baik dalam menghantarkan arus listrik. Contoh Larutan Elektrolit Lemah adalah Asam Lemah (HCN, H3PO4, CH3COOH, & C2O3), Basa Lemah (NH4OH, Al(OH3), & Fe(OH)3).

Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Lemah
  • Penghantar listrik yang kurang baik atau lemah
  • Terionisasi sebagian
  • Tetapan atau derajat ionisasi (a) 0< a <1
  • Jika diuji, larutan elektrolit lemah nyala lampunya lemah & muncul gelembung gas yang sedikit. 
c. Larutan Non Elektrolit : [Pengertian] larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak mampu menghantarkan arus listrik

Ciri-Ciri Larutan Non Elektrolit
  • Tidak dapat terionisasi
  • Tidak dapat menghantarkan arus listrik atau isolator
  • Tetapan atau derajat ionisasi (a)  a = 0 
  • Jika diuji, Larutan Non Elektrolit, tidak menyala & tidak muncul gelembung gas. 
teman kali ini tentang pelajaran Kimia yaitu larutan elektrolit seperti tema diatas yaitu  [Pengertian] Larutan Elektrolit & Ciri2 Larutan Elektrolit
"[Pengertian] Larutan Elektrolit & Ciri2 Larutan Elektrolit"
Demikianlah materi seputar Larutan Elektrolit, semoga teman-teman menerima point-point dari Larutan Elektrolit pada pembahasan kali ini seperti [Pengertian] elektrolit, [Pengertian] larutan elektrolit, Jenis2 larutan elektrolit, contoh dari Jenis2 larutan elektrolit & dapat bermanfaat bagi teman-teman berdasarkan tema diatas yaitu [Pengertian] Larutan Elektrolit & Ciri2 Larutan Elektrolit. Sekian & Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
LihatTutupKomentar