[Pengertian] Ide Pokok & Ide Penjelas

[Pengertian] Ide Pokok & Ide Penjelas|Secara umum, Paragraf dibentuk oleh dua unsur, yakni ide pokok & ide penjelas, dalam [Pengertian] ide pokok & ide penjelas yang pada kali kita akan membahas seperti apakah itu ide pokok & ide penjelas, bagaimanakah contoh-contoh ide pokok & ide penjelas itu, Untuk mengetahui itu mari kita bahas secara bertahap-tahap yakni dengan mengetahui pertama-tama tentang [Pengertian] kedua unsur paragraf yakni [Pengertian] ide pokok & [Pengertian] ide penjelas, [Pengertian] Ide Pokok, Ide Pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah pragraf, ide pokok paragraf sering disebut pula disebut dengan gagasan pokok atau gagasan utama sedangkan [Pengertian] Ide Penjelas, Ide Penjelas adalah gagasan yang menjelaskan ide pokok. Ide penjelas dapat pula disebut gagasan penjelas.Untuk mengetahui seperti ide pokok itu & ide penjelas & dimanakah ide pokok itu berada dalam paragraf & ide penjelas berada , mari kita lihat pembahasan & penjelasannya seperti dibawah ini.

Perhatikan Contoh Paragraf berikut ini. 
Sejak terjadinya bencana gempa bumi & gelombang tsunami di Aceh & Sumatera utara, seringkali bencana disebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, & pinggir-pinggir jalanlainnya dengan mengatasnamakan Departemen Sosial.
         Ide Pokok Paragraf di atas adalah seringkali bencana dijadikan sarana untuk memungut uang masyarakat. Ide tersebut terdapat dalam kalimat pertama kalimat-kalimat yang ada dibawahnya mengandung ide penjelas yaitu,
1). Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana disebut. 
2). Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, & pinggir-pinggir jalan lainnya dengan mengatasnamakan Departemen Sosial.

 dalam [Pengertian] ide pokok & ide penjelas yang pada kali kita akan membahas seperti apa [Pengertian] Ide Pokok & Ide Penjelas
Sekian pembahasan & penjelasan tentang [Pengertian] Ide Pokok & Ide Penjelas semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar