[Pengertian] Makna & Ciri2 Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

[Pengertian] Makna & Ciri2 Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka| [Pengertian] Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Ideologi yang dapat menyesuaikan diri dari perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasar pancasila. Makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila dapat menyesuaikan & diterapkan dari dinamika di Indonesia & didunia. Tetapi tidak merubah nilai-nilai dasar Pancasila itu sendiri. Sehinga pancasila dapat digunakan & diterapkan dalam berbagai zaman.

A. Syarat- Syarat Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka, karena telah memenuhi syarat-syarat sebagai Ideologi terbuka antara lain sebagai berikut..    
  • Nilai Dasar, adalah nilai dasar yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 yang tidak berubah 
  • Nilai Instrumen, ialah nila-nilai dari nilai dasar yang dijabarkan lebih kreatif & dinamis ke bentuk UUD 1945, ketetapan MPR, & peraturan perundang-undangan lainnya 
  • Nilai Praktis, adalah nilai-nilai yang dilaksanakan di kehidupan sehari-hari, baik di masyarakat, berbangsa & bernegara. Nilai praktif bersifat abstrak, seperti mengormati, kerja sama, & kerukunan. Hal ini dapat dioperasionalkan ke bentuk sikap, perbuatan, & tingkah laku sehari-hari.
B. Dimensi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Ideologi Pancasila memiliki 3 dimensi penting yaitu sebagai berikut.. 
1. Dimensi Realitas adalah mencerminkan kemampuan ideologi untuk mengadaptasika nilai-nilai hidup & berkembang dalam masyarakat
2. Dimensi Idealisme adalah idealisme yang ada dalam ideologi mampu menggugah harapan para pendukugnya 
3. Dimensi Pendukung adalah mencerminkan atau menggambarkan kemampuan suatu ideologi untuk memengaruhi & menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat. 

C. Ciri2 Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Dalam fungsinya sebagai Ideologi, pancasila menjadi dasar seluruh aktivitas bangsa Indonesia. Sehingga pancasila tercermin dalam kehidupan berbangsa & bernegara. Ciri2 pancasila sebagai Ideologi terbuka adalah sebagai berikut.. 
  • Pancasila mempunyai pandangan hidup, tujuan & cita-cita masyarakat Indonesia yang berasal dari kepribadian masyarakat Indonesia sendiri. 
  • Pancasila memiliki tekat dalam mengembangkan kreatifitas & dinamis untuk mencapai tujuan nasional 
  • Pengalaman sejarah bangsa Indonesia
  • Terjadi atas dasar keinginan bangsa (masyarakat) Indonesia sendiri tanpa dengan campur tangan atau paksaan dari sekelompok orang. 
  • Isinya tidak operasional 
  • Dapat menginspirasi masyarakat untuk bertanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila 
  • Menghargai pluralitas, sehingga diterima oleh semua masyarakat yang berlatakng belakang & budaya yang berbeda. 
D. Faktor Pendorong Pemikiran Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Menurut Moerdiono bahwa terdapat faktor-faktor atau bukti yang mendorong pemikiran Pancasila sebagai ideologi terbuka antara lain sebagai berikut.. 
  • Proses pembagunan nasional berencana, dinamika mayarakat Indonesia yang berkembang sangat cepat. Sehingga tidak semua permasalahan kehidupan dapat ditemukan jawabannya secara ideologis.  
  • Runtuhnya Ideologi tertutup, seperti marxisme-leninisme/komunisme. 
  • Pengalaman sejarah politik terhadap pengaruh komunisme sangat penting, karena dari pengaruh ideologi komunisme yang bersifat tertutup, Pancasila pernah merosot & kaku. Pancasila tidak tampil sebagai pedoman, tetapi sebagai senjata konseptual untuk menyerang lawan-lawan politik. Kebijaksanaan pemerintah disaat itu menjadi absolute. Akibatnya, perbedaan-perbedaan menjadi alasan untuk secara langsung dicap sebagai anti Pancasila. 
  • Tekad untuk menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa & bernegara. 

Artikel Terkait: 

[Pengertian] Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah [Pengertian] Makna & Ciri2 Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Makna & Ciri2 Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] pancasila sebagai ideologi terbuka, makna pancasila sebagai ideologi terbuka, syarat-syarat pancasila sebagai ideologi pancasila, dimensi pancasila sebagai ideologi pancasila, ciri-ciri pancasila sebagai ideologi terbuka & faktor-faktor pendorong/bukti pemikiran pancasila sebagai ideologi terbuka. Sekian & terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :).  
LihatTutupKomentar