[Pengertian] Peradaban & Ciri2 Peradaban

[Pengertian] Peradaban & Ciri2 Peradaban|Banyak pendapat para ahli yang mendefinisikan [Pengertian] peradaban dimana Secara umum, [Pengertian] Peradaban adalah bagian-bagian dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, & maju. Sedangkan [Pengertian] peradaban yang lebih luas adalah kumpulan sebuah identitas terluas dari seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia baik fisik (misalnya bangunan, jalan), maupun non-fisik (nilai-nilai, tatanan, seni budaya maupun iptek), yang teridentifikasi melalui unsur-unsur obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subjektif. Istilah "peradaban" dalam bahasa inggris disebut civilization atau dalam bahasa asing lainnya peradaban sering disebut bescahaving (belanda) & die zivilsation (jerman).

Istilah Peradaban ini sering dipakai untuk menunjukkan pendapat & penilaian kita pada perkembangan dari kebudayaan dimana pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya yang berwujud unsur-unsur budaya yang halus indah, tinggi, sopan, luhur, & sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi. Ada beberapa [Pengertian] peradaban yang didefinisikan oleh para ahli. [Pengertian] peradaban menurut definisi para ahli adalah sebagai berikut..

[Pengertian] Peradaban Menurut Definisi Para Ahli - Dari berbagai kesulitan-kesulitan dalam memberikan definisi peradaban, sehingga banyak para ahli yang memberikan tanggapannya tentang [Pengertian] peradaban seperti yang ada dibawah ini.. 
    Banyak pendapat para ahli yang mendefinisikan [Pengertian] peradaban dimana  [Pengertian] Peradaban & Ciri2 Peradaban
  • Arnold Toynbee - Arnol Toynbee dalam bukunya "The Disintegrations of Civilization" dalam Theories of Society, (New York, The Free Press, 1965), hal 1355 menyatakan peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi. [Pengertian] lain menyebutkan bahwa peradaban adalah kumpulan seluruh hasil budi daya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik fisik (misalnya bangunan, jalan), maupun non-fisik (nilai-nilai, tatanan, seni budaya, maupun iptek). 
  • Albion Small - Menurut Albion Small Peradaban adalah kemampuan manusia dalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaannya untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara itu, kebudayaan mengacu pada kemampuan manusia dalam mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan & teknologi. Menurut Albion Small, yang mengatakan bahwa peradaban berhubungan dengan suatu perbaikan yang bersifat kualitatif & menyangkut kondisi batin manusia, sedangkan kebudayaan mengacu pada suatu yang bersifat material, faktual, relefan, & konkret. 
  • Bierens De Hann - Menurut pendapat Bierens De Hann yang mengemukakan pendapatnya tentang [Pengertian] peradabadan yang memiliki arti bahwa peradaban adalah seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, & teknik. Jadi, peradaban memiliki kegunaan praktis dalam hubungan kemasyarakatan. 
  • Huntington - Huntington memberikan pendapatatnya mengenai definisi peradaban bahwa [Pengertian] peradaban adalah sebuah identitas terluas dari budaya, yang teridentifikasi melalui dalam unsur-unsur obyektig umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subyektif. Berangkat pada definisi ini, maka masyarakat Amerika-khususnya Amerika Serikat & Eropa yang sejauh ini disatukan oleh bahasa, budaya, & agama dapat diklasifikasikan sebagai satu peradaban, yakni peradaban barat. 
  • Alfred Weber - Menurut definisi Alfred Weber yang mengatakan bahwa [Pengertian] peradaban adalah mengacu pada pengetahuan praktis & intelektual, serta sekumpulan cara yang bersifat teknis yang digunakan untuk mengendalikan alam. Adapun kebudayaan terdiri atas serangkaian nilai, prinsip, normatif, & ide yang bersifat unik. Aspek dari peradaban lebih bersifat kumulatif & lebih siap untuk disebar, lebih rentan terhadap penilaian, & lebih berkembang daripada aspek kebudayaan. Peradaban bersifat impersonal & objektif, sedangkan kebudayaan bersifat personal, subjektif & unik. 
  • Prof Dr. Koentjaraningrat - Peradaban adalah bagian-bagian yang halus & indah seperti seni. Masyarakat yang telah maju dalam kebudayaan tertentu berarti memiliki peradaban yang tinggi. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat & penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan dimana pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur & sebagainya maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.
  • Oswald Spengler - Spengler berpendapat bahwa [Pengertian] peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai taraf tinggi atau kompleks. Terlebih lagi Spengler menyatakan bahwa peradaban adalah tingkat kebudayaan ketika telah mencapai taraf tinggi & kompleks. Lebih lanjutnya lagi, Spengler menyatakan bahwa peradaban adalah tingkat kebudayaan ketika tidak lagi memiliki aspek produktif, beku, & mengkristal. Adapun kebudayaan pada sesuatu yang hidup & kreatif. 
Ciri-Ciri Umum Peradaban - Peradaban memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berfungsi dalam memperjelas peradaban & juga berfungsi dalam membedakan peradaban & kebudayaan dimana kita tahu bahwa banyak dari kita yang menganggap bahwa peradaban & kebudayaan sama, padahal peradaban & kebudayaan tersebut adalah sangat berbeda. Maka dari itu, ciri-ciri peradaban sangat membantu dalam membedakan antara peradaban & kebudayaan. Ciri-ciri umum sebuah peradaban adalah sebagai berikut.. 
  • Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang baik, indah, & modern
  • Sistem Pemerintahanyang tertip karena terdapat hukum & peraturan. 
  • Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan & teknologi yang lebih maju seperti astronomi, kesehatan, bentuk tulisan, arsitektur, kesenian, ilmu ukur, keagamaan, & lain-lainnya. 
  • Masyarakat dalam berbagai jenis pekerjaan, keahlian, & strata sosial yang lebih kompleks 
Baca Juga : 

Demikianlah uraian seperti pembahasan pada teman diatas yaitu [Pengertian] Peradaban & Ciri2 Peradaban. Semoga teman-teman menerimanya & dapat bermanfaat dari setiap point-point pembahasan diatas seperti [Pengertian] peradaban, [Pengertian] peradaban secara luas, [Pengertian] peradaban menurut definisi para ahli, ciri-ciri umum peradaban. Sekian & Terima Kasih serta "Salam Berbagi Teman-Teman". 
LihatTutupKomentar