[Pengertian] Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi

[Pengertian] Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi| Hai teman-teman kali ini mengenai [Pengertian] & perbedaan globalisasi, modernisasi & westernisasi. Tak usah panjang lebar, mari kita mulai dengan pngertian globalisasi. Secara Umum, [Pengertian] Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah yang semakin sempit. [Pengertian] Modernisasi adalah suatu bentuk perpindahan dari kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik untuk tercapainya kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang & makmur. [Pengertian] Westernisasi adalah sebuah proses dimana masyarakat berada atau mengadopsi budayaBarat di berbagai bidang meliputi dari, politik, industri, teknologi, ekonomi, hukum, gaya makanan, pakaian, agama, bahasa, & nilai-nilai. 

Pembahasan Globalisasi 

Istilah globalisasi berasal dari bahasa Inggris dari kata global yang berarti universal & lization yang berarti proses. Jadil arti globalisasi menurut istilah adalah sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik itu informasi, pemikiran, gaya hidup, maupun teknologi secara mendunia. Terjadinya globalisasi ditandai dari adanya proses batas suatu negara menjadi semakin sempit atau memudar karena kemudahan berinteraksi dengan negara baik itu dengan pertukaran informasi, perdagangan, gaya hidup, & bentuk interaksi yang lainnya. 

[Pengertian] Globalisasi Menurut Para Ahli - Globalisasi selain dari [Pengertian] diatas, terdapat juga pendapat para ahli antara lain sebagai berikut..
  • Achmad Suparman - [Pengertian] Globalisasi menurut Achmad Suparman bahwa globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. 
  • Selo Soemardjan - [Pengertian] globalisasi menurut Selo Soemardjan adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi & komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem & kaidah-kaidah tertentu yang sama.  

Pembahasan Modernisasi 

Modernisasi merupakan proses perubahan dari cara tradisional ke cara baru yang lebih maju untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lahirnya modernisasi merupakan dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi yang terus berkembang. Tingkat teknologi  dalam membangun modernisasi sangat dirasakan & dinikmati oleh semua lapisan masyarakat dari kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil. 

[Pengertian] Modernisasi Menurut Para Ahli - Modernisasi banyak menjadi perhatian para ahli yang mengemukakan pendapatnya dalam [Pengertian] para ahli. Seperti menurut Widjojo Nitisastro, & Soerjono Soekanto, berikut pendapatnya.. 
  • Widjojo Nitisastro: [Pengertian] Modernisasi menurut Widjojo Nitisastro adalah suatu transformasi total & kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasisosial, ke arah pola-pola ekonomis & politis. 
  • Soerjono Soekanto: [Pengertian] Modernisasi menurut Soerjono Soekanto yang mengatakan bahwa modernisasi adalah suatu bentuk & perubahan sosial yang terarah berdasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. 

Pembahasan Westernisasi 

Westernisasi merupakan sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik, sosial, kultural & teknologi.  Westernisasi perwujudan dari konspirasi kristen-Zionis-kolonis terhadap umat Islam. Dengan adanya westernisasi maka kehidupan bangsa terutama umat Islam didunia mejadi kebarat-baratan. Konsep westernisasi bersifat materialistik & modernisasi. Westernisasi dapat artikan sebagai kebebasan penuh.

[Pengertian] Westernisasi Menurut Para Ahli - Adapun pendapat para ahli mengenai [Pengertian] westernisasi adalah sebagai berikut..
  • Arif Furtonutely - Menurut Arif Furtonutely, bahwa [Pengertian] westernisasi adalah arus besar dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan & seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia & negara-negara Islam khususnya menjadi paham-paham Barat. 
  • Eka Gunawan - [Pengertian] Westernisasi menurut Eka Gunawan dalam bukunya Modernisasi, Westernisasi, Sekuiarisasi bahwa [Pengertian] westernisasi adalah sebagai suatu proses peniruan oleh suatu masyarakat/Negara tentang kebudayaan Negara-negara barat yang dianggap lebih baik dari pada kebudayan negara sendiri. 
Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi
  • Globalisasi - peningkatan kesalingketergantungan antar negara di dunia, tidak ada satupun negara yang dapat hidup sendiri tanpa dengan adanya bantuan negara lain. 
  • Modernisasi - mengubah cara berpikir dari tradisional & irrasional menjadi cara berpikir yang rasional, efisiensi & praktis.
  • Westernisasi - berada kepada proses identifikasi & imitasi budaya barat. 

Baca Juga: 

[Pengertian] Modernisasi & Globalisasi
[Pengertian] Penyebab, & Dampak Globalisasi

Demikianlah informasi [Pengertian] Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat baik itu [Pengertian] globalisasi, [Pengertian] modernisasi, [Pengertian] westernisasi, [Pengertian] globalisasi menurut para ahli, [Pengertian] modernisasi menurut para ahli, [Pengertian] westernisasi menurut para ahli. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
LihatTutupKomentar