[Pengertian] Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli

[Pengertian] Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli|Secara Umum, [Pengertian] Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan & menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi & prosedur-prosedur yang terorganisasi.  atau sistem informasi diartikan sebagai kombinasi dari teknologi informasi & aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi & manajemen. Sedangkan dalam arti luas, sistem informasi diartikan sebagia sistem informasi yang sering digunakan menurut kepada interaksi antara orang, proses, algoritmik, data & teknologi.

Artikel Terkait - [Pengertian] Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli
Secara terpisah, [Pengertian] Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis & terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem & sasaran sistem. Sedangkan [Pengertian] Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna & berarti bagi penerimanya & untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan. 

[Pengertian] Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
  • John F. Nash - [Pengertian] sistem informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur & pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu & rutin, membantu manajemen & pemakai intern & ekstern & menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
  • Robert A. Leitch - Menurut Robert A. Leitch, [Pengertian] sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial & kegiatan strategi dari suatu organisasi & menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  • Henry Lucas: [Pengertian] sistem informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan & pengendalian di dalam.
  • Alter - [Pengertian] sistem informasi menurut Alter bahwa sistem informasi adalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan. 
Fungsi Sistem Informasi 
  • Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif & efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan & pemeliharaan sistem
  • Menjamin tersedianya kualitas & keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi & memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif  
Komponen Sistem Informasi (SI)
komponen-komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut.. 
1. Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi 
2. Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika & model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas & dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. 
4. Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan & mengakses data, menghasilkan & mengirimkan output & memantau pengendalian sistem. 
5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
6. Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Ciri-Ciri Sistem Informasi 
a. Baru,adalah informasi yang didapat sama sekali baru & segar bagi penerima 
b. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada. 
c. Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
d. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada

Baca Juga:

[Pengertian] Internet, Fungsi, Manfaat & Sejarah Internet
[Pengertian] Manfaat & Macam2 Jaringan Komputer
[Pengertian] Software, Fungsi, Jenis2 & Contohnya
[Pengertian] Jurnalistik, Sejarah Jurnalistik & Menurut Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] sistem informasi, [Pengertian] sistem informasi menurut para ahli, komponen-komponen sistem informasi, ciri-ciri sistem informasi, [Pengertian] sistem informasi menurut para ahli. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi - [Pengertian] Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli
  • Susanto, Azhar. 2004. Sistem Informasi Manajemen Konsep & Pengembangannya. Bandung - Lingga Jati.
LihatTutupKomentar