[Pengertian] Administrasi, Ciri, Fungsi & Menurut Para Ahli

[Pengertian] Administrasi, Ciri, Fungsi & Menurut Para Ahli| Secara Umum, [Pengertian] Administrasi adalah usaha & kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. [Pengertian] administrasi juga dibedakan menjadi dua yaitu [Pengertian] administrasi dalam arti sempit & [Pengertian] administrasi dalam arti luas. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi dari catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, & sebagainya yang memiliki sifat teknis ketatausahaan. Sedangkan [Pengertian] administrasi bersifat luas adalah seluruh proses kerja sama dari dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan pemanfaatan sarana & prasarana tertentu secara berdaya guna & berhasil guna.

[Pengertian] Administrasi Menurut Para Ahli - Selain arti diatas, terdapat beberapa [Pengertian] administrasi yang dikemukakan para ahli dalam mendefinisikannya. [Pengertian] administrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut..
  • Arthur Grager - [Pengertian] administrasi menurut Arthur grager adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi & pelayanan warkat suatu organisasi. 
  • George Terry - [Pengertian] administrasi menurut George Terry adalah perencanaan, pengendalian, & pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 
  • Sondang P. Siagian - [Pengertian] administrasi menurut Sondang P.Siagian adalah keseluruhan dari proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan dari atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.  
  • William Leffingwell & Edwin Robinson: Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, [Pengertian] administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, & dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.   
  • Ulbert: Menurut Ulbert, [Pengertian] administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan & pencatatan data & informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Sedangkan [Pengertian] administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.  
Ciri-Ciri Administrasi - Administrasi memiliki beberapa karakteristik/ciri-ciri antara lain sebagai berikut. 
  • Terdapat kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau dengan lebih 
  • Terdapat kerja sama 
  • Terdapat proses atau usaha 
  • Terdapat bimbingan, kepemimpinan & pengawasan 
  • Terdapat tujuan.
Fungsi Administrasi - Adapun fungsi administrasi adalah sebagai berikut.
  • Planning (Perencanaan) adalah penyusun perencanaan memerlukan kegiatan adminitrasi, seperti pengumpulandata, pengolahan data, penyusunan perencanaan. 
  • Organizing (pengorganisasian) adalah aktivitas menyusun & membentuk hubungan-hubungan kerja anatara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. 
  • Staffing adalah salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada suatu organiasik mulai dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi. 
  • Directing (pengarahan atau bimbingan) adalah fungsi manajemen yang berhubungan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilaksanakan dengan baik & benar-benar tertuju dari yang telah ditetapkan semula. 
  • Coordinating adalah sebagian daru fungsi manajemen untuk melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya kekacauan, percekcoka, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan & menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi. 
  • Reporting adalah manajemen yang berada pada penyampaian perkembangan atau hasil dari kegaitan dengan pemberian keterangaan dari tugas & fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan. 
  • Budgeting adalah suatu kegaitan yang mengelola & perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran. 

Baca Juga: 

adalah usaha & kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencap [Pengertian] Administrasi, Ciri, Fungsi & Menurut Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Administrasi, Ciri, Fungsi & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat baik itu [Pengertian] administrasi, [Pengertian] administrasi secara sempit, [Pengertian] administrasi secara luas, ciri-ciri administrasi, fungsi-fungsi administrasi. Sekian & terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
LihatTutupKomentar