[Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ?

[Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ?| Kerak bumi juga biasa disebut litosfer (lithos - batuan, sphere = batuan ). Jadi, litosfer berarti lapisan batuan. Berdasarkan proses terbentuknya, batuan-batuan yang ada dimuka bumi dikelompokkan menjadi tiga jenis yakni batuan beku, batuan sedimen & batuan metamorf. Batuan beku terjadi akibat adanya magma yang membeku. Sebagian besar (80%) batuan kerak bumi adalah beurpa batuan beku. Batuan beku tersusun atas mineral-mineral kuarsa, feldspar, mika, piroksin, magnetif, & olivin. Contoh batuan beku adalah granit, obsidian, & pumice (batu apung). 

batuan yang ada dimuka bumi dikelompokkan menjadi tiga jenis yakni batuan beku [Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ?

Batuan sedimen atau batuan endapan terjadi karena bantuan beku ter-erosi, & terbawa ke suatu tempat hingga mengendap & membentuk batuan. Contoh batuan sedimen adalah batu krikil, pasir & tanah lempung. Batuan metamorf atau batuan malihan adalah batuan yang terbentuk dari batuan jenis lain yang mengalami perubahan bentuk akibat pengaruh suhu & tekanan yang tinggi. Contoh batuan malihan adalah marmer, batubara, & batu permata. 
batuan yang ada dimuka bumi dikelompokkan menjadi tiga jenis yakni batuan beku [Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ?

Sekian pembahasan [Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ? dan lihat juga artikel-artikel lainnya di .com. Semoga artikel tentang [Pengertian] Litosfer - Apa itu Litosfer ? semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar